Cara Cerdas Menentukan Pilihan Furniture Minimalis untuk Ruang Tamu

Desain interior adalah salah satu faktor yang penting dalam menjadikan hunian terkesan jauh lebih nyaman, asri dan indah. Oleh karena itu ada banyak orang yang akhirnya mencoba untuk berkreasi menggunakan desain rumah sendiri tanpa terlebih dahulu menyertainya dengan referensi maupun pedoman. Sebagai akibatnya, banyak diantara mereka yang sudah terlanjur salah di dalam memilih atau menentukan jenis dan juga ukuran furniture yang lebih tepat. Bahkan tidak sedikit juga diantara mereka yang malah mendapatkan hasil sangat tidak sesuai dengan ekspektasi mereka, lebih parahnya lagi justru terlihat berantakan.

Hal semacam ini kemudian semakin di perparah dengan keadaan rumah dengan ruangan tamu yang relatif mungil atau kecil. Terlebih lagi jika Anda tinggal di kawasan perkotaan seperti halnya Jakarta yang kebanyakan huniannya menggunakan konsep minimalis akibat dari keterbatasan lahan tanah. Ini tentu saja menjadikan rumah minimalis memang cenderung dianggap sebagai salah satu pilihan solusi terbaik untuk hunian.

Jadi, sebenarnya apa yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan membeli furniture tertentu dengan kondisi ruangan tamu yang sempit? Berikut merupakan beberapa tips yang dapat juga Anda lakukan untuk dapat memilih furniture minimalis yang lebih cocok untuk ruangan tamu.

Baca juga: 5 Cara Memiliki Kamar Minimalis dan Elegan


Mengukur luas ruangan

Sebelum Anda membeli furniture atau mebel, maka pastikanlah terlebih dahulu bahwa Anda sudah mengukur luas ruangan ataupun ruang-ruang kosong yang saat ini masih tersedia pada ruang tamu. Saran pertama yang harus Anda terapkan adalah jangan terlalu memaksakan untuk menempatkan furniture dengan ukuran yang besar di dalam ruangan sempit karena dengan demikian ruang tamu menjadi lebih terasa penuh, sesak sekaligus berantakan dengan berbagai macam perabotan ataupun furniture yang tidak jelas konsep maupun ukurannya.

Jika memang Anda mengharapkan bahwa furniture yang Anda ingin beli benar-benar cocok dengan ruangan, maka lebih baik pastikan bahwa ukurannya sudah sesuai atau paling tidak Anda menukar posisi beberapa furniture yang lama dengan furniture baru.

Model dan warna

Sebaiknya Anda pilih warna yang lebih tegas dengan model simple, mungil serta terkesan kurus. Akan lebih baik jika Anda menghindari untuk membeli furniture dengan desain berukuran besar ataupun jumbo karena tentunya ini tidak akan cocok dengan ruangan Anda yang kecil. Selain ukuran dan juga bentuk, diferensiasi warna merupakan salah satu faktor utama yang Anda perlu perhatikan. Jangan sampai pilihan warna furniture membaur dengan warna cat tembok hunian karena dikhawatirkan justru pilihan cat tembok yang sama seperti furniture akan mengaburkan nilai estetis furniture yang Anda tempatkan.

Gunakan warna cat tembok yang dapat menciptakan suasana yang lebih terang dalam ruangan, hal ini terutama di tembok dan juga plafon. Sebagai referensi, Anda dapat menggunakan cat memakai pilihan warna putih, hijau, kuning gading maupun warna-warna pastel.

Konsep penataan ruang

Hal terakhir yang perlu Anda terapkan adalah dengan memahami konsep penataan ruang yang ingin Anda buat. Apakah ruangan untuk ruang tamu Anda mengedepankan konsep modern, mediterania, klasik maupun konsep-konsep yang lainnya. Hal semacam ini memiliki peranan yang sangat penting dengan maksud agar konsep-konsep utama yang memang ingin Anda tonjolkan dari ruangan tamu tersebut dapat terealisasi serta desain furniture yang ada agar tidak bertabrakan antara satu dengan yang lainnya. Dengan demikian maka ruangan serta furniture dapat menjadi benar-benar terlihat selaras sehingga akan menciptakan efek yang lebih harmonis.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik