Rumah Vs Apartemen, Pilih yang Mana?

Hunian atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok yang wajib untuk dimiliki setiap orang, mengapa?, karena disinilah nantinya Anda akan mendapatkan berbagai macam perlindungan, mulai dari perlindungan dari binatang buas, dari cuaca yang kurang menentu dan berbagai macam hal lainnya. di tengah perkembangan zaman dan pesatnya pertumbuhan penduduk harga sebuah hunian juga tak bisa dikatakan murah, apalagi jika Anda membeli dalam bentuk jadi, selain harga dari tanahnya yang mengalami peningkatan dari segi bahan baku pembuatan sendiri juga tak bisa dikatakan murah.

Sejalan dengan sulitnya mendapatkan daerah yang lapang sebagai tempat untuk hunian kemudian banyak juga produsen yang lebih senang membuat apartemen dibandingkan dengan rumah, pada kota-kota besar misalnya, dibandingkan dengan rumah banyak yang lebih senang tinggal di sebuah apartemen. Sebenarnya jenis hunian yang semacam ini lebih mirip kos dibandingkan sebuah rumah karena tak memiliki tanah yang jelas dan hanya terbatas pada satu petak, namun berdasarkan kepemilikan sendiri. Lalu dibandingkan dengan rumah mana yang lebih baik dijadikan sebagai pilihan, untuk itu simak kekurangan dan kelebihan dari masing-masing hunian tersebut:

Baca juga: Supaya Ruang Jemur Tambah Lega

Rumah:

- Rumah merupakan hunian yang kebanyakan dipilih masyarakat karena memang mudah dibeli dan memiliki lahan yang jelas, dalam artian bahwa lahan tersebut secara langsung juga menjadi milik Anda, tak seperti apartemen yang dikhususkan untuk bersama.

- Biasanya ada lingkungan tempat untuk sosialisasi, bagi yang sudah berkeluarga hal ini menjadi nilai lebih karena dapat mengajarkan anak untuk lebih mengenal lingkungan mereka, selain itu juga ada tempat bermain dan temannya sendiri.

- Saat Anda bosan atau mungkin dipindahtugaskan ke daerah yang lainnya maka rumah tersebut juga dapat dijual dengan mudah, apalagi nilainya semakin lama juga semakin meningkat.

- Lebih aman, aman disini tak hanya dari pengaruh cuaca atau yang lainnya melainkan untuk legalitasnya, jika Anda memiliki surat dan dokumen yang sah maka di kemudian hari tak ada yang bisa mengklaimnya sebagai milik orang lain.

Apartemen:

- Apartemen tergolong sebagai jenis hunian baru yang populer di kota-kota besar saat ini, hal ini karena keberadaan tanah yang mahal sehingga seseorang hanya sebatas membeli bangunannya saja, biasanya berada pada daerah yang cukup strategis dengan mobilitas yang tinggi.

- Memiliki nilai prestige, selama ini ada anggapan yang mengatakan bahwa hanya mereka yang berpenghasilan tinggi dan kaya yang bisa tinggal di apartemen, sejalan dengan harganya yang cukup mahal.

- Fasilitas yang ditawarkan lengkap, pihak yang menjual biasanya akan melengkapi penghuni dengan beberapa sarana seperti pusat kebugaran kemudian juga pusat perbelanjaan dan semacamnya pada area yang sama sehingga memudahkan calon pembeli dalam memenuhi kebutuhannya.

- Untuk melakukan renovasi tak bisa sembarangan melainkan harus berdasarkan persetujuan dari pihak pengelola, begitu juga dengan adanya peraturan yang harus dipenuhi, apalagi jika Anda ingin menjualnya maka dalam mencari calon pembeli akan sangat sulit.

- Resiko dari gedung bertingkat, biasanya apartemen memang seperti sebuah gedung perhotelan dimana di dalamnya ada sebuah kamar-kamar namun dalam ukuran yang sebesar rumah, jika ada hal-hal semacam kebakaran atau sejenisnya maka ada resiko kehilangan barang dan hunian secara keseluruhan.

Jadi bagaimana, ingin pilih apartemen atau rumah, sesuaikan dengan budget dan juga kebutuhan Anda, namun bagi yang memiliki keluarga dengan anak-anak jauh lebih baik tinggal di rumah.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik