Apakah Laptop Terbaru Anda Lemot Ketika Digunakan? Ini Dia Penyebabnya!

Apakah Anda baru saja membeli laptop terbaru untuk menunjang pekerjaan Anda. bagi Anda yang sering bekerja dengan menggunakan laptop sudah pasti akan frustasi jika benda ini lemot. Bahkan bukan hanya lemot, tiba-tiba laptop bisa saja hang dan mati mendadak. Hal ini pasti akan sangat mengganggu, terlebih Anda sedang mengerjakan begitu banyak tugas dan sudah mendekati deadline. Daripada harus berbolak-balik ke tempat service komputer, lebih baik Anda mencari tahu hal apa saja yang dapat menyebabkan laptop menjadi lemot, meskipun laptop tersebut baru saja dibeli.

Hal pertama ialah suhu yang terlalu panas. Biasanya bila semakin lama digunakan suhu laptop akan semakin meningkat dan akhirnya terasa panas. Suhu panas ini yang sering membuat laptop menjadi sangat lamban digunakan. Oleh sebab itu lebih baik Anda mengistirahatkan laptop beberapa jam sekali agar ia tidak terlalu panas. Alternatif lainnya, Anda dapat menggunakan cooling pad agar bisa mendinginkan mesin laptop. Cooling pad ini terdiri dari kipas yang berguna untuk menyedot suhu pasa di dalam laptop.

Kedua, laptop terserang oleh virus. Jangan salah, meskipun laptop Anda merupakan laptop terbaru namun jika tidak memiliki antivirus yang memadai, akan sama saja. ketika laptop menjadi lemot, Anda bisa mencoba rutin untuk mengecek di dalamnya karena laptop yang terserang virus akan menjadi lebih lelet saat di jalankan. Sekarang ini begitu banyak jenis virus yang dapat mengcopy dirinya dan memperbanyak file di laptop sehingga laptop menjadi lamban. Oleh sebab itu lebih baik Anda mulai menghindari hal-hal yang dapat membuat virus masuk di sistem laptop. Hindari mendownload file sembarangan atau menghubungkan laptop ke flashdisk yang sudah terindikasi terkena virus.

Ketiga, terjadinya bad sector di hard disk. Apa itu bad sector? Sebenarnya bad sector ini merupakan istilah untuk menyebutkan adanya sebuah kerusakan di sector hard disk. Kerusakan ini seringnya terjadi karena laptop pernah terjatuh atau terbentur. Bad sector ini bisa menyebabkan pembacaan file di program menjadi sangat lamban sehingga laptop Anda menjadi lemot bahkan tiba-tiba menjadi hang. Bad sector bisa diatasi dengan cara format ulang laptop. Akan tetapi jika masalah dari bad sector ini sudah parah, Anda harus melakukan pergantian hard disk.

Keempat, terlalu banyak instal antivirus. Mungkin kebanyakan orang berfikir jika semakin banyak antivirus yang dimiliki pada laptopnya akan semakin kebal pula terhadap virus. Padahal pemikiran ini merupakan pemikiran yang salah karena sebenarnya jika terlalu banyak antivirus yang masuk ke laptop Anda, malah akan membuat laptop Anda menjadi lemot. Oleh sebab itu sebaiknya Ana memilih antivirus yang ingin Anda instal serta jangan lupa selalu melakukan update antivirus sesuai dengan versinya yang terbaru agar bisa semakin kuat.

Terakhir minimnya memori yang berada di laptop. Ketika Anda melakukan pembelian laptop terbaru, lebih baik Anda melihat seberapa besar memori yang berada di laptop. Cepat atau lambatnya kinerja dari laptop ini bergantung dari seberapa besar kapasitas dari memorinya. Apabila memori pada laptop sudah terlalu penuh, tidak aneh jika laptop Anda menjadi sangat lemot, RAM yang terlalu kecil sudah pasti tidak dapat mendukung performa di laptop. Oleh sebab itu sangat penting bagi Anda untuk selalu melakukan update kapasitas memori laptop menjadi besar sehingga bisa menampung banyak file yang penting serta memaksimalkan kinerja dari laptop.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik