Kenali Lebih Dalam Tentang Cat Tembok Rumah

Pasti hampir semua rumah di dunia ini, dindingnya dilapisi dengan cat tembok rumah. Apakah hal tersebut pernah terbesit di pikiran Anda sebentar? Ataukah Anda sama sekali tidak merasa bahwa hal itu adalah ganjil? Sebenarnya dinding rumah kalau tidak diberi dengan lapisan cat, lebih terlihat natural dan baik-baik saja bukan? Lebih terlihat alami dan seperti rumah yang go nature. Namun hal tersebut tidak berlaku bagi rumah yang ada di sebagian kota besar. Karena mereka lebih suka menggunakan cat untuk melapisi dinding rumah mereka yang dicintai.

Ternyata bahan industri yang terbuat dari pigmen dan binder ini memiliki fungsi yang sangat nyata. Dimana dinding yang dilapisi cat, akan mempunyai warna yang sesuai dengan keinginan pemilik rumah. Yang perlu Anda tahu, Binder merupakan bahan untuk merekatkan pigmen-pigmen yang ada didalam kandungan cairan tersebut. Terbuatnya dari minyak alami dan plastik, yaitu seperti vinyl dan acrylic. Untuk pigmen, pigmen adalah bahan yang menghasilkan warna pada bahan ini. Sebenarnya pigmen terbuat dari campuran metal. Seperti ini contohnya:

- Campuran besi oksida, menghasilkan warna merah, kuning, jingga.
- Campuran karbon akan menghasilkan warna hitam.
- Campuran titanium oksida menghasilkan warna putih.
- Campurkan beberapa hal untuk menghasilkan warna-warni.

Cat tembok rumah dapat dikatakan sebagai salah satu bahan utama material untuk rumah. Biasanya selalu dibutuhkan untuk pembangunan rumah baru, ataupun untuk renovasi rumah. Pemilih memilih warna cat, disesuaikan dengan tema rumah dan warna favorite. Biasanya yang suka dengan warna-warna cerah, mereka lebih mempunyai pandangan hidup bahwa hidup selalu ceria. Jika sebagian pemilik lebih senang memilih warna netral polos seperti putih atau krem, bisa jadi Ia suka dengan warna yang bersih.

Hal yang perlu Anda tahu, ternyata cat memiliki manfaat yang banyak. Mungkin bagi sebagian orang, cat tembok hanya sekedar sebagai cat pewarna dinding di beberapa tempat seperti rumah, gedung, sekolahan, dan lain sebagainya. namun manfaat yang diberikan tak sekedar itu. Banyak lagi hal lainnya yang bisa di dapat dari cat tembok. Disini ada beberapa manfaat yang dapat Anda rasakan, diantaranya adalah:

- Cat tembok dapat mempercantik penampilan rumah.
- Dapat melindungi bagian dinding, dari paparan sinar matahari dan dari suhu dingin yang disebabkan karena hujan.
- Dapat menjaga kualitas dinding agar selalu tahan terhadap rembasan dan lain sebagainya, sehingga tidak mudah rusak.
- Dapat menjadikan sebagai suatu tolak ukur seseorang terhadap pemilik rumah, karena warna yang ditaruh di dinding rumah menggambarkan warna favoritnya.
- Dapat memberikan pandangan atau kesan terhadap orang lain yang melihat rumah.

Tak heran jika dengan begitu banyaknya manfaat yang di dapat dari cat tembok rumah. Hampir seluruh pemilik rumah di dunia lebih senang untuk melapisi dindingnya dengan warna yang sesuai dengan warna favoritnya. Sebenarnya yang perlu Anda ketahui, kualitas cat tembok pada 1 merek dengan merek yang lain memiliki kualitas yang pastinya berbeda. Untuk itu sebaiknya, jika Anda memang ingin membeli cat untuk rumah Anda. Lebih baik cari tahu terlebih dahulu, merek mana yang memberikan hasil maksimal. Lihatlah beberapa review dari pemilik toko bangunan atau dari internet. Karena semakin banyak pengetahuan Anda tentang cat mana yang lebih bagus, dan Anda memilih dengan tepat. Maka dinding rumah Anda akan tetap tampil menawan hingga berpuluh-puluh tahun lamanya.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik