Kiat Memilih Meja Makan Minimalis untuk Rumah yang Kecil

Memiliki rumah tidak lengkap jika tidak ada perabotan rumah tangga. Banyak jenis perabotan rumah tangga yang dapat digunakan untuk mengisi rumah mulai dari lemari hingga meja makan. Jika memiliki rumah yang besar, Anda tidak terlalu kerepotan untuk memilih perabotan tersebut namun jika mempunyai rumah yang kecil, maka Anda harus memperkirakan ukuran yang harus Anda pilih untuk jenis perabotan Anda misalnya untuk meja makan. Untuk rumah yang minimalis, maka Anda juga memerlukan meja makan minimalis. Terdapat beberapa kiat untuk memiliki meja makan yang minimalis untuk rumah kecil Anda.

Pertama adalah ukur ruang makan Anda. Jangan ragu untuk mengukur ruangan makan Anda karena dari pengukuran tersebut, Anda dapat memperkirakan besar meja makan yang harus Anda beli. Tidak ada salahnya untuk membawa ukuran ruang makan anda saat Anda hendak membeli perabotan meja makan sehingga Anda dapat menanyakan kepada pelayan toko untuk membantu memilihkan meja makan yang tepat untuk Anda. Untuk penataan, sebaiknya hindari peletakan meja makan tepat di tengah ruangan karena walaupun dapat memberikan kesan yang serasi atau proporsional namun terkadang peletakan di tengah dapat membuat ruang gerak Anda menjadi kesulitan. Tidak ada salahnya untuk mencoba meletakkan agak ke pinggir.

Kedua adalah pilih bentuk dari meja makan tersebut, jumlah keluarga Anda dan sebaiknya pilih yang mudah dilipat. Karena Anda memiliki rumah yang kecil, tentunya Anda memiliki ruangan makan yang kecil. Anda dapat memilih meja makan dengan bentuk bundar ataupun persegi panjang. Model persegi panjang lebih cocok digunakan untuk rumah yang memiliki jumlah anggota keluarga 2-4 orang sedangkan untuk meja berbentuk bundar dapat digunakan oleh 3-6 orang. Selain itu, meja makan yang berbentuk bundar lebih banyak memakan tempat dibandingkan dengan meja yang berbentuk persegi atau persegi panjang. Jika keluarga Anda sebanyak 5 orang dan terdapat meja makan berbentuk persegi panjang, sebaiknya pilih meja tersebut untuk lebih menghemat ruang.

Baca juga: Tips Membeli Furniture Murah dan Cantik


Ketiga adalah pilih material meja yang tepat. Anda harus mempertimbangkan anggota keluarga Anda terlebih dahulu misalnya yang memiliki anak-anak, sebaiknya hindari memiliki meja makan minimalis yang terbuat dari kaca. Hal tersebut dikarenakan material kaca lebih rentan untuk pecah walaupun kaca yang digunakan tebal dan kuat. Hindari juga memilih dari bahan campuran karena biasanya, meja makan dengan bahan campuran memiliki tingkat kekuatan yang rendah sehingga mudah untuk rusak. Anda dapat memilih jenis meja makan dengan bahan dasar kayu, besi ataupun campuran dari kayu dan besi.

Keempat adalah sesuaikan dengan budget Anda. jika Anda memiliki dana yang sedikit untuk membeli meja makan dengan bentuk yang minimalis, Anda dapat menggunakan meja makan yang terbuat dari bahan daur ulang misalnya dari kayu daur ulang ataupun dari drum atau dari ban bekas. Dengan cara ini, selain dapat membeli meja makan yang minimalis, Anda juga dapat membuat suasana di ruang makan menjadi lebih santai dan lebih akrab terlebih jika Anda sering kedatangan tamu seperti teman.

Kelima adalah pilih warna yang sesuai dengan kondisi ruang makan Anda. Sebaiknya, pilih warna meja makan minimalis yang netral dan hindari penggunaan warna biru untuk meja makan. Hal tersebut dikarenakan warna biru justru dapat membuat Anda menjadi tidak nafsu makan. Jika ingin lebih berwarna, maka Anda dapat memilih warna krem, perpaduan warna monokrom untuk lebih modern dan klasik, warna kayu, merah ataupun orange dan kuning untuk membangkitkan selera makan anggota keluarga Anda.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik