5 Langkah Mencuci dan Merawat Sprei Waterproof dengan Benar!

Belakangan ini banyak orang yang mencari sprei waterproof sebab menjadi sprei andalan bagi keluarga dan sangat bermanfaat. Sprei yang memiliki ciri khas tidak menyerap air ini akan sangat cocok digunakan untuk siapa saja, baik kebutuhan rumahan maupun tempat usaha. Sebut saja seperti perhotelan, asrama sekolah maupun pesantren, rumah sakit, dan lain sebagainya. Penggunaannya akan melindungi kasur supaya lebih awet sebab air ataupun ompol bayi tidak akan terserap ke dalam kasur tersebut.

Beberapa Jenis Sprei Anti Air

Ada banyak sekali penjual sprei yang anti air, namun tidak semuanya menawarkan kualitas dan karakter sprei yang serupa. Hal ini wajar saja sebab sprei anti air sendiri terdapat beberapa jenis dan masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan. Jenis ini bisa dibedakan atas dasar motif, warna, jenis bahan baik di lapisan atas maupun lapisan di bagian dalam. Sehingga kisaran harganya pun bervariasi, dan dianjurkan untuk memilih yang memang sesuai kebutuhan.


Perawatan Sprei yang Tahan Terhadap Air

Sama seperti sprei pada umumnya, sprei yang tahan air inipun perlu dirawat dan dicuci secara teratur supaya tetap bersih dan nyaman digunakan. Namun, proses pencuciannya tentu berbeda dengan sprei biasa, berikut tata caranya:

1. Meletakan sprei di ember terpisah
Biasanya sprei yang tahan air akan dijual sprei saja tanpa ada tambahan sarung bantal maupun guling dan lain sebagainya. Dianjurkan pada saat mencuci tidak mencampurkannya dengan sarung bantal maupun lainnya.

2. Direndam dengan air hangat
Supaya sprei waterproof bisa bersih secara maksimal sebaiknya direndam dahulu sekitar satu jam dengan air hangat. Suhu air yang dianjurkan adalah sekitar 40 derajat Celsius, sehingga noda yang menempel bisa mengelupas. Sekaligus menjaga lapisan latex pada sprei ini terjaga dengan baik karena merendam dengan air dingin akan membuat kemampuannya berkurang. Jangan lupa menambahkan deterjen yang disukai, pada saat merendam namun jangan berlebihan.

3. Gunakan mesin untuk mencuci
Karena menggunakan bahan latex yang lumayan kaku dianjurkan memilih mencuci sprei jenis ini dengan mesin. Sehingga setelah direndam segera saja masukan ke dalam mesin cuci namun dengan kecepatan yang ringan saja. Mencuci dengan tangan pun bisa, asalkan tidak menggunakan sikat cukup gunakan tangan dan ditekan perlahan-lahan ke semua bagian sprei. Namun, waktu dan tenaga yang dikeluarkan pun akan lebih banyak jadi cara praktisnya tetap memakai mesin cuci.

4. Di jemur dengan benar
Proses penjemuran pun sebaiknya diperhatikan dengan seksama, sebab mempengaruhi kualitas bahan pada sprei setelah kering. Sprei tahan air ini lebih baik di jemur dengan cara dibalik sehingga lapisan bawah diletakan di bagian atas. Supaya terkena paparan sinar matahari, sebab material latex jauh lebih tahan pada suhu tinggi dibanding kain di lapisan atas sprei tersebut. Meski begitu, jauh lebih aman menjemur sprei ini di tempat yang teduh.

5. Jangan lupa di setrika
Setelah sprei sudah kering sempurna Kita juga perlu menyetrikanya supaya terlihat lebih rapi dan tidak mudah membentuk per atau gelombang di bagian atas kainnya. Saat menyetrika sprei waterproof gunakan suhu terendah supaya tidak membakar kain ataupun bahan latex di bagian dalamnya. Lakukan pencucian kembali seminggu kemudian dengan proses yang sama supaya sprei terawat dengan baik. apabila ada noda membandel, dilap dulu dengan kain basah baru kemudian dicuci seperti langkah-langkah di atas.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik