Hemat dan Cerdas Beli Alat-alat Elektronik

Sudah menjadi kebiasaan para perempuan untuk melakukan pembelian alat-alat elektronik dengan mempertimbangkan harga yang murah serta desain yang manis. Diskon secara besar-besaran yang sering ditawarkan oleh sebuah brand mudah membuat perempuan tergoda. Padahal ada banyak sekali barang elektronik dengan harga yang murah dan kurang terjamin keawetannya. Kalaupun nanti barangnya awet, penggunaannya pun akan sangat boros listrik sehingga akan membengkakkan pengeluaran di setiap bulan.

Sebaiknya, jangan mudah tergiur dengan warna dan desain barang elektronik tersebut. Memang Anda tidak salah jika memilih barang yang menarik dan bagus, selain mempunyai fungsi sebagai elektronik, barang-barang ini bisa memperindah rumah, namun lebih baik tetap mengutamakan fungsi dari barang elektronik ini dibanding dengan desain ukuran atau pun warna barang. Ketika membeli barang, Anda harus mengukur daya tampung dari barang. Contoh sederhananya, saat Anda melakukan pembelian kulkas, Anda harus memikirkan isi kulkas yang lebih sesuai dengan jumlah anggota keluarga, saat membeli pemasak nasi, Anda juga harus memikirkan ukuran liternya.


Memilih alat-alat elektronik Anda juga harus memikirkan jangka panjang yang dapat membantu Anda untuk lebih bijak saat mengeluarkan uang untuk melakukan pembelian. Barang elektronik juga mempunyai masa pakai, sehingga saat membeli Anda harus merencanakan keuangan untuk biaya servis, selain semua biaya perawatan sehari-harinya. Anda juga harus bersiap untuk mengeluarkan biaya maintenance. Anda dapat memperhatikan kualitas dari barang elektronik saat listrik dari PLN sedang tidak stabil. Jadi, saat sebuah merk sudah rusak hanya karena listrik yang kurang stabil, ini berarti barang tersebut berkualitas kurang baik.

Jika membeli barang elektronik, hindari untuk mencicil. Selain harganya menjadi lebih mahal, nantinya Anda juga harus memikirkan cicilan dibandingkan dengan menikmati barang elektronik ini hingga cicilannya selesai. Bila mencicil barang, jangan sampai cicilan akan mengganggu berbagai macam biaya kebutuhan lainnya yang jauh lebih penting.

Berikut tips membeli alat-alat elektronik yang lebih bermanfaat, antara lain:


- Beli barang di tempat yang menjual berbagai macam produk. Salah satu pilihan yang tepat ialah mengunjungi pasar elektronik. Nantinya, di sana Anda dapat secara jelas melakukan perbandingan harga dan kualitas barang-barang yang Anda perlukan, bahkan Anda dapat mendapatkan barang yang berharga miring,
- Perhatikan garansi yang diberikan. Tentu Anda mengetahui kualitas dari sebuah barang, pastikan garansi yang diberikan dapat digunakan dengan maksimal ketika Anda butuh,
- Lakukan tes sebelum membawa pulang barang. Pastikan semua kondisi barang berada dalam keadaan yang bagus. Bila terdapat cacat, beritahukan kepada penjual. Jangan sampai saat Anda komplain Anda malah disalahkan,
- Beli di toko yang benar-benar kredibel. Agar bisa memperoleh barang yang pasti, Anda dapat melakukan pembelian di toko yang sudah menjadi langganan Anda, yang memberikan informasi tentang barang tersebut.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik