Plus Minus Menggunakan CD/DVD

Ketika menggunakan komputer sebagai media untuk menyelesaikan pekerjaan, diperlukan media penyimpanan data sehingga semua pekerjaan yang telah dikerjakan dapat disimpan di media tersebut dan ketika dibutuhkan sewaktu-waktu dapat digunakan. Salah satu media penyimpanan adalah compact disk atau lebih dikenal dengan nama CD player. Media penyimpanan ini pertama kali diperkenalkan secara resmi adalah pada tahun 1982 dengan puncak penjualan di tahun 2000 yaitu mencapai 2.445 juta keping.

Cakram padat atau compact disk masih digunakan hingga saat ini walaupun sebagian besar orang lebih menyukai untuk menggunakan flashdisk karena simple, mudah dibawa kemana saja, mudah dalam pengolahan data (copy, paste, delete). Namun, sebagian orang masih menggunakan compact disk untuk menyimpan data dalam jangka waktu yang lama. Compact disk sendiri memiliki beberapa kelemahan dan kelebihan.


Kelebihan dari penggunaan CD player yaitu:

- Aman atau tidak mudah terkena virus sehingga data menjadi lebih aman.
- Mudah untuk disimpan dan tidak perlu menggunakan banyak tempat.
- Kapasitas yang cukup besar.
- Penggunaan compact disk dapat disesuaikan dengan jenis dari cakram padat tersebut misalnya CD-R.
- Harga yang lebih murah sehingga ketika kapasitas dalam compact disk tersebut telah habis atau tidak dapat digunakan, Anda dapat membeli baru.
- Untuk menyimpan file suara, noise yang ditimbulkan dari pemutaran file dari media penyimpanan ini lebih sedikit.

Akan tetapi, compact disk juga memiliki beberapa kelemahan. Kelemahannya diantaranya yaitu:

- Jika menggunakan compact disk yang hanya dapat dibaca, Anda tidak dapat menggunakan media penyimpanan tersebut untuk menambah data.
- Mudah untuk tergores sehingga membuat data yang tersimpan dalam compact disk menjadi susah dibaca di komputer atau di media output lainnya seperti televisi,
- Kualitas suara yang dihasilkan dari file suara yang tersimpan di media penyimpanan ini tidak sebagus seperti suara yang direkam dan tersimpan dalam pita kaset.

Ukuran CD hanya setebal 1,2 mm dan berat sekitar 15-20 gr dan terbuat dari plastik polikarbonat. Kapasitas data yang dapat disimpan pada compact disk tergantung dari diameter dan kualitas dari media penyimpanan tersebut. Untuk melindungi permukaannya dan melindungi refleksi, digunakan alumunium yang tipis. Karena compact disk lebih mudah tergores dan membuat data yang terdapat di dalamnya menjadi lebih mudah untuk tidak terbaca, maka Anda harus memperhatikan mengenai cara penyimpanannya. Tips trik penyimpan cakram padat yaitu:

- Sebaiknya di simpan di ruangan atau tempat bersuhu 10-20oC. Suhu yang lembab dan buruk dapat membuat media penyimpanan tersebut melengkung dan akhirnya tidak dapat dipergunakan.
- Simpan di tempat gelap dan hindari tempat terang atau yang terkena sinar matahari langsung karena sinar UV dapat membuat kandungan alumunium menjadi gelap dan menimbulkan kesalahan pembacaan data yang tersimpan.
- Hindari menyimpan menumpuk untuk meminimalisir goresan.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik