Hand Mixer Murah Atau Stand Mixer? Pilih Mana?

Hampir setiap orang menyukai roti atau kue. Hal tersebut dikarenakan roti dan kue memiliki beragam jenis yang dapat dinikmati berdasarkan selera atau rasa yang disukai. Sebelum membuat roti, terdapat alat yang harus disiapkan yaitu mixer. Mesin ini dipergunakan untuk mengaduk bahan untuk membuat roti hingga menjadi adonan roti ataupun kue yang siap untuk dibentuk. Beberapa orang memilih menggunakan mixer murah karena lebih hemat dalam masalah pengeluaran namun tetap dapat digunakan untuk membuat adonan yang diinginkan.

Sebelum Anda membeli, terdapat 3 jenis mixer yang ada di pasaran. Pertama adalah jenis stick mixer. Jenis ini disebut juga dengan blender tangan dan merupakan alat terkecil serta memiliki berat yang paling ringan jika dibandingkan dengan stand mixer ataupun hand mixer. Cara penggunaannya sederhana karena Anda hanya cukup untuk memasukkan alat ini ke wadah misalnya mangkuk yang berisi berbagai jenis adonan yang akan dicampur. Akan tetapi jenis mixer ini lebih digunakan untuk mencampur sayur dan buah karena memiliki kemampuan mengaduk dalam jumlah yang terbatas.


Kedua adalah jenis hand mixer. Mixer murah ini disebut juga dengan mixer genggam. Jenis ini mempunyai 2 pengaduk adonan yang dapat berguna untuk mencampurkan udara yang ada di sekitar adonan ke dalam bahan yang Anda campurkan atau ke adonan. Jenis mixer ini cocok digunakan untuk membuat adonan kue. Walaupun memiliki ukuran yang kecil akan tetapi hand mixer ini mampu untuk mengaduk bahan kue dalam jumlah yang cukup banyak sehingga adonan yang dihasilkan dapat lebih banyak.

Ketiga adalah stand mixer. Jenis mixer yang disebut juga dengan mixer berdiri ini mempunyai wadah khusus yang dipergunakan untuk menampung adonan yang akan dijadikan sebagai adonan kue atau roti. Jenis ini biasanya mempunyai 3 macam pengaduk yang dapat diganti sesuai dengan jenis adonan yang akan Anda buat. Penggunaannya, Anda cukup meletakkan mixer ini di atas meja atau dilantai jika Anda menggunakan jenis stand mixer yang cukup besar. Stand mixer memiliki kelebihan dibandingkan kedua jenis mixer yang lainnya yaitu mampu untuk mengaduk adonan dalam volume yang lebih besar sehingga hasil adonan juga lebih banyak.

Dari jenis mixer tersebut, beberapa orang masih bingung untuk menentukan apakah akan menggunakan hand mixer atau menggunakan stand mixer untuk membuat kue. Terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk memilih hand atau stand mixer, yaitu:

- Akan digunakan untuk apa mixer tersebut. Misalnya jika hanya digunakan untuk membuat roti namun jarang digunakan, Anda dapat menggunakan hand mixer karena ukurannya lebih kecil sehingga lebih mudah disimpan. Namun jika untuk bisnis, sebaiknya gunakan stand mixer sehingga Anda dapat melakukan kegiatan yang lainnya.
- Kenyamanan. Pilih yang membuat Anda nyaman saat memakainya. Hand mixer menuntut Anda untuk terus mengaduk sambil memegangi mixer sedangkan stand mixer, dapat Anda tinggal karena mixer dapat mengaduk secara otomatis.

Pemilihan mixer murah baik jenis stand mixer ataupun hand mixer tergantung dari Anda. Pilih mixer yang sesuai dengan keadaan keuangan Anda. Hal lain yang harus diperhatikan saat memilih mixer roti yaitu:

- Pengoperasian yang mudah dan tidak berisik sehingga tidak membuat Anda terganggu.
- Bobot. Jika Anda memilih stand mixer, pilih yang kuat dan kokoh untuk menjaga agar tidak mudah roboh dan terguncang saat dijalankan.
- Pengaturan kecepatan tidak boleh rumit.
- Ukuran dan kapasitas dari mixer tersebut.
- Perlengkapan lainnya misalnya pengaduk.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik