Cara Cepat dan Mudah Bersihkan Lemari Dapur

Lemari sebenarnya ialah salah satu perabotan yang tidak luput dari adanya noda minyak serta makanan saat melakukan kegiatan memasak. Selain noda ini, lemari dapur juga begitu rentan untuk terkena noda yang berasal dari tangan. Bila noda ini dibiarkan saja, lama kelamaan justru pembersihan akan semakin sulit. Akibatnya lemari akan sangat usang dan begitu kotor. Lantas, apakah Anda harus membeli lemari yang baru? Tidak perlu membeli lemari baru, Anda bisa membersihkan lemari Anda.

Hanya dengan waktu 20 menit saja, seluruh lemari bahkan perabotan bisa nampak seperti barang baru. Berikut langkah pembersihannya, antara lain:

- Keluarkan seluruh perabotan yang berada di dalam lemari Anda. Keluarkan seluruhnya hingga tidak ada yang tersisa,
- Pisahkan barang plastik dan barang yang murah pecah,
- Bersihkan debu dan remah yang berada di dalam lemari dengan menggunakan kemoceng,
- Siapkan larutan pembersih dan juga air hangat sebagai pembersih bagian luar dari lemari,
- Tuang larutan pembersih ke ember yang terisi dengan air hangat,
- Bersihkan lemari, lap dengan merata dan perlahan. Setelah selesai mengelap, keringkan semua bagian yang berada di lemari dengan menggunakan lap kering.

Baca juga: Mengenal Bahan Kayu untuk Furniture dan Cara Memilihnya

Selain memperhatikan seluruh kebersihan dari perabotan dapur, Anda juga harus menjaga kebersihan dari seluruh barang yang tersimpan di dalam. Seringnya lemari ini digunakan sebagai tempat penyimpanan untuk menyimpan berbagai peralatan memasak dan peralatan makan. Saat Anda membersihkan bagian luar dan bagian dalam dari lemari, lebih baik Anda juga mencuci berbagai peralatan memasak yang berada di dalamnya, dikarenakan barang yang disimpan pada lemari dapur untuk jangka panjang tidak bisa luput dari adanya kotoran atau debu.

Memang menjaga kebersihan dari lemari ini tidak bisa dilakukan dengan cara yang instant. Anda harus melakukan dengan cara yang berkala. Seperti melakukan pembersihan bukan hanya ketika saat itu saja, namun juga melakukan perawatan agar kotoran tidak mengendap dengan terlalu lama. Dengan begitu lemari pun bisa lebih mudah di bersihkan.

Berikut cara untuk merawat lemari dapur, antara lain:

1. Jaga lemari dari adanya cipratan yang berasal dari minyak bekas yang sering digunakan untuk menggoreng. Agar bisa menghindarinya Anda bisa mengatur maupun mengarahkan asap ke arah yang berjauhan dengan kabinet,

2. Bila lemari Anda mempunyai bahan logam. Sebaiknya usahakan agar ia tetap dalam keadaan yang kering, agar logam tersebut tidak mudah terkena karat,

3. Lebih baik memilih lemari yang mempunyai bahan kayu solid contohnya seperti mahoni, jati, maupun acasia. Hindari kayu lapis maupun kayu yang berasal dari olahan. Kayu solid ini mempunyai ketahanan yang baik untuk berbagai macam cuaca yang sangat ekstrim, bahkan saat panas. Akan tetapi Anda juga harus rajin untuk mengelapnya dengan teratur.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik