Mengenal Bahan Kayu untuk Furniture dan Cara Memilihnya

Memilih furniture rumah adalah persoalan yang tak mudah. Selain Anda harus memikirkan soal biaya, Anda juga harus memastikan bahwa perabotan tersebut sesuai tema rumah, dan bisa dikombinasikan dengan tepat. Namun bagi Anda yang tertarik dengan tampilan unik dan berbeda, serta terlihat lebih natural, maka perabotan dari kayu bisa menjadi pilihan yang bagus.

Ada banyak alasan untuk memilih perabotan kayu. Ini beberapa diantaranya:

- Asalkan tingkat kekerasannya cocok, ada banyak jenis kayu yang bisa dipilih.
- Karena mudah diproses, Anda akan menemukan banyak style perabotan.
- Tekstur dari kayu indah dan alami, membuat rumah Anda terlihat lebih natural dan artistik.
- Daya tahannya cukup baik, apalagi jika Anda memakai kayu solid.
- Mudah didapatkan di Indonesia.

Jenis-jenis kayu yang digunakan untuk membuat furniture sendiri ada bermacam-macam, dengan kekurangan dan kelebihannya. Ini beberapa di antaranya:

1. Kayu solid
Paling kuat dan awet, dengan hasil paling bagus. Namun butuh keterampilan dari pembuatnya, dan harganya mahal. Contohnya adalah kayu jati, mahoni, trembesi, dan akasia.


2. Kayu lapis
Plywood atau tripleks yang dibentuk dari lembaran-lembaran kayu yang direkatkan memakai high pressure. Ketebalannya menentukan kekuatannya. Paling banyak dipakai karena harga lebih murah daripada kayu solid.

3. Particle board
Sisa dari kerjaan kayu seperti serpihan dan potongan kayu, serta serbuk gergaji, yang direkatkan dengan bahan kimia dan tekanan tinggi, lalu dikeringkan. Harganya sangat murah, namun lemah jika terkena air.

4. Blockboad
Potongan kayu kotak yang kecil-kecil, dipadatkan menggunakan mesin dan dilapisi venner sehingga seperti papan. Kayunya lunak, tidak sekuat kayu lapis, namun cukup bagus untuk rak atau alat dapur.

5. Kayu MDF
Kependekan dari Medium Density Fibreboard, yaitu serbuk kayu yang halus dan bahan resin yang direkatkan dengan proses sama seperti plywood. Ramah lingkungan, fleksibel, dan mudah dibentuk.

Baca juga: Cara Menciptakan Desain Kamar Tidur yang Nyaman


Untuk membantu Anda memilih dari sekian banyak jenis kayu ini, lakukan ini:

- Lihatlah jenis-jenis kayu di atas dan pelajari kelemahan dan kekuatannya, untuk tahu perabotan macam apa yang akan mereka hasilkan.
- Sesuaikan harga perabotan yang akan dibeli dengan budget yang Anda punya, karena perabotan kayu ini cukup mahal.
- Langsung kunjungi tempat pembuatan perabotan tersebut untuk melihat bagaimana finishingnya, halus atau tidak.
- Kekuatan dan konstruksinya. Jangan ragu untuk memeriksa sekrup, paku, lem, tanpa derit, dan rasakan sendiri kekokohannya.
- Warna, desain, dan kecocokannya dengan keseluruhan konsep rumah.

Furniture kayu merupakan bahan perabotan yang populer, dengan motif menarik dan kualitas yang juga bisa diandalkan. Namun Anda juga harus ingat, kayu mempunyai kelemahan seperti rayap, lemah dengan air, dan juga rawan kebakaran. Ini berarti Anda benar-benar harus memilih bahan yang bagus jika ingin perabotan Anda tahan lama, dan itu tak murah, satu hal lagi bahwa saat ini sudah banyak furniture online serta memang berkompeten dibidangnya untuk bisa dijadikan tempat membeli secara online.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik