Trik Menghadirkan Taman Minimalis pada Rumah

Taman adalah salah satu elemen yang penting serta seharusnya ada di dalam ataupun luar hunian, tidak perduli seberapa kecil dan minimalisnya luas sebuah tanah yang Anda miliki. Tanpa menambah adanya taman, tentu saja rumah Anda akan terasa gersang serta jauh dari kesan asri. Maka dari itu, taman sering dibuat untuk memberikan kesan lebih natural pada hunian yang sekaligus menciptakan kesan sejuk dan memberikan kenyamanan pada semua penghuninya.

Membuat sebuah taman minimalis pada bagian depan serta belakang hunian yang indah tentu tidak semudah apa yang Anda pikirkan. Bahkan hal semacam ini akan menjadi kendala bagi orang-orang tertentu. Minimnya pengalaman dan pengetahuan dan proses yang memang memakan waktu turut menjadi faktor yang membuat orang enggan membuatnya sendiri serta lebih memilih menyewa jasa dari pihak pembuatan taman.

Hal semacam ini tentu dapat dilakukan, terutama jika Anda memiliki anggaran yang cukup. Namun di dalam hal ini tentu butuh pertimbangan besar. Sementara bagi Anda yang ingin membuat taman di bagian depan atau belakang rumah menggunakan kreasi Anda sendiri, maka Anda dapat mengambil beberapa inspirasi berikut sebagai contoh.


Ciptakanlah titik fokus utama dari taman buatan Anda

Hunian minimalis umumnya memiliki lahan yang juga minimalis. Maka penting bagi Anda terlebih dahulu mempersiapkan lahan yang akan Anda ubah menjadi taman dan fokuslah terhadap daya tarik yang paling utama diciptakan dari taman tersebut. Contohnya adalah menempatkan elemen utama dari sebuah taman yang berukuran relatif besar sehingga menjadi daya tarik bagi orang yang melihat taman Anda tersebut. Elemen-elemen tersebut dapat berupa air mancur, patung, pot besar dengan tanaman hias maupun menggunakan berbagai paduan bebatuan alam sebagai objek utama taman.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis Klasik dan Go Green Terbaru


Pilih cat taman dengan warna cerah

Selain dengan merancang lokasi penempatan taman dan itik fokus tertentu, Anda juga harus mulai untuk memperhatikan suasana sekitar lokasi taman. Taman yang minimalis, lebih baik menggunakan pilihan warna yang cerah. Dimana warna cerah nantinya akan memberikan efek visual yang terkesan lebih luas serta lebar pada taman buatan Anda. Sehingga taman yang sebenarnya minimalis menjadi terkesan lebih besar.

Memilih ornamen pendukung

Silahkan pilih ornamen maupun elemen pendukung lainnya yang lebih sesuai dengan karakter taman yang ingin diciptakan. Pemilihan dan juga penggunaan ornamen yang belum tepat dan berlebihan di khawatirkan nantinya justru akan menjadikan taman minimalis Anda menjadi terlihat berantakan dan jauh dari kesan rapi. Akan lebih baik Anda memilih objek hiasan dengan tekstur permukaan yang lebih datar serta keras dengan pola atau motif cenderung horizontal dan vertikal untuk memberikan kesan lebih tinggi dan lebar.

Memilih tanaman hias

Taman tentunya selalu identik serta erat hubungannya dengan tanaman hias. Guna memberikan dan menciptakan efek yang natural dan bagus, lebih baik Anda banyak memanfaatkan tanaman hias dari jenis tropis yang memang memiliki ukuran kecil dengan pertumbuhan relatif lambat, antara lain dari bunga bougenville, rumput gajah mini, alamanda, tanaman puring serta masih banyak lagi lainnya.

Menjaga keindahan dan kesuburan tanaman hias

Hal terakhir yang harus Anda lakukan tentu saja menjaga taman minimalis Anda agar selalu terlihat indah. Dengan demikian Anda akan berhasil mewujudkan kesan asri yang lebih alami. Maka dari itu, berikanlah pupuk pada semua tanaman hias yang Anda gunakan secara berkala, disiram secara rutin dan memangkas daun-daun serta ranting agar tetap terlihat sangat indah dan rapi.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik