Tips Mengatasi Kerak Membandel Pada Keramik Kamar Mandi

Salah satu bagian rumah yang sering kali luput dari pemandangan orang luar adalah kamar mandi, itulah sebabnya mengapa ruangan yang senantiasa digunakan setiap harinya ini juga menjadi yang paling rentan terhadap kuman, mengingat pemiliknya juga kurang dalam melakukan pembersihan. Kamar mandi adalah tempat yang rentan terhadap kuman penyakit, mengingat selain dijadikan sebagai bahan pembuangan tempat tersebut juga senantiasa basah karena digunakan. Beberapa bahan seperti keramik bahkan sangat rentan berkerak, menciptakan warna coklat dan juga bau yang tak sedap, jika sudah seperti ini maka diperlukan solusi yang tepat dalam membersihkannya.

Membersihkan kerak yang ada di kamar mandi memang bukan perkara mudah, apalagi jika ruangan yang satu ini sudah jarang dibersihkan, kerak akan semakin menumpuk dan membutuhkan tenaga yang ekstra dalam mengatasinya. Menggunakan sikat makar mandi dan pembersih biasa saja terkadang tak cukup untuk membersihkannya, berikut ini ada beberapa kiat efektif yang bisa dilakukan:

Baca juga: 5 Cara Merawat Kamar Mandi Minimalis dengan Batu Alam dan Shower

1. Membersihkan menggunakan cairan pembersih, cara paling umum yang dilakukan oleh para ibu rumah tangga dalam mengatasi bagian yang satu ini memang menggunakan cairan pembersih karena terbilang lebih mudah di dapatkan dan juga mudah penggunanya, namun juga harus diketahui bahwa tak semua cairan pembersih akan cocok digunakan. Pastikan bahwa bahan atau kandungan yang ada di dalamnya sesuai dengan jenis lantai kamar mandi Anda. Mulailah dengan memberi cairan tersebut pada bagian yang kotor dan berkerak, diamkan hingga beberapa menit kemudian sikat, jika masih belum bersih lakukan berulang-ulang hingga bagian yang berkerak menjadi bersih.

2. Menggunakan kaporit, bahan yang satu ini juga dikenal untuk penjernih air dan juga desinfektan, biasanya banyak dicampurkan pada pemandian atau kolam renang sebagai salah satu cara mencegah kuman penyakit menular dari satu pengunjung ke pengunjung yang lainnya. dalam kadar yang sesuai memang bagus namun jika berlebih akan menyebabkan kulit menjadi kusam. Kaporit ternyata juga bermanfaat dalam menuntaskan kerak pada lantai kamar mandi, caranya cukup mudah, mulailah menyiram bagian yang berkerak menggunakan air panas secukupnya, kemudian taburkan bubuk kaporit tersebut dan biarkan hingga beberapa menit, kemudian gosok menggunakan sikat, lakukan hingga kerak yang menempel hilang tanpa bekas dan bersihkan menggunakan sabun.

3. Menggunakan asam sitrat, asam sitrat dikenal sebagai salah satu bahan dalam pembuatan kue atau aneka makanan, namun selain itu ternyata fungsi lainnya juga dapat mengikis kerak yang ada di lantai kamar mandi. Cara membersihkannya mudah mulailah dengan menggosok lantai yang berkerak menggunakan batu apung atau batu kali hingga bagian tersebut cukup mengkilat, langkah selanjutnya mulai menaburkan asam sitrat di lantai, tunggu hingga kurang lebih satu jam sampai asam bereaksi, gosok secara perlahan maka kerak akan terkikis dengan sendirinya dan siram menggunakan air hingga bersih.

Selain 3 bahan tersebut masih banyak lagi yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan lantai kamar mandi yang berkerak. Kerak ini jika tak segera diatasi akan membuat warnanya lebih kusam dan menimbulkan pertumbuhan jamur dan bakteri yang lebih pesat. Tentunya Anda tak mau bukan tempat yang seharusnya digunakan untuk membersihkan tumbuh justru menjadi sarang kuman. Untuk itu lakukan pembersihan secara teratur agar tak banyak kerak yang menempel dan mengganggu pemandangan. Semakin sering dibersihkan juga dapat menjaga higienitas dari kamar mandi Anda, semoga beberapa cara tersebut dapat membantu.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik