Keunggulan Rumah Kayu Minimalis

Beberapa tahun belakangan ini model rumah minimalis memang sedang digandrungi oleh masyarakat, tak hanya pada keterbatasan ruang melainkan juga perawatan dan juga penampilannya tampak lebih bagus, untuk itu tak heran jika anda menengok pada rumah-rumah yang ada saat ini maka rata-rata menggunakan desain yang minimalis, namun untuk bahan sendiri juga tidak terbatas pada bahan-bahan bangunan layaknya pasir maupun semen seperti biasanya, banyak diantara masyarakat yang mengaplikasikan penggunaan kayu sebagai bahan dasar pembuatan rumahnya, rumah kayu minimalis memang terlihat cukup unik, meskipun menghadirkan kesan yang mewah, namun tidak menghilangkan nilai estetik dan kesederhanaannya, jenis rumah yang satu ini memang paling banyak diaplikasikan olah masyarakat Jepang dimana daerahnya memang cukup rawan terhadap gempa.

Dibandingkan dengan penggunaan bahan-bahan bangunan yang biasanya, menerapkan kayu sebagai bahan utama menghadirkan banyak sekali nilai lebih bai anda sendiri, diantaranya adalah:

- Harga lebih murah, budget yang harus anda keluarkan untuk membuat sebuah rumah kayu tidak akan setinggi dengan jenis rumah yang biasanya, mengingat harga kayu sendiri juga relatif murah, namun jika anda berniat untuk menggunakan kayu jati asli juga harus diperhitungkan mengingat harga kayu yang satu ini juga terbilang cukup mahal.

- Tahan lama, jika dibandingkan dengan bahan yang lainnya kayu memang lebih tahan lama, satu-satunya masalah yang sering menghinggapinya adalah rayap, namun serangga pemakan kayu ini juga bisa diatasi dengan pengecatan atau juga mempliturnya.

Baca juga: 4 Tips Sederhana Merawat Rumah Minimalis Kayu



- Dapat di daur ulang, jika sewaktu-waktu nanti anda ingin mengganti rumah menjadi yang baru tak perlu repot-repot menggempurnya, cukup dengan mendaur ulang kayu menjadi bahan yang lain.

- Desain unik, dibandingkan dengan bahan lain kayu memang bisa dibentuk menjadi apapun yang lebih unik dan inovatif.

- Tahan gempa, lihat saja para masyarakat jepang yang banyak menggunakan kayu sebagai bahan pembuatan rumah, tentunya bukan tanpa alasan, tetapi karena memang rumah kayu lebih tahan gempa.

Mungkin dengan mengetahui hal-hal tersebut nantinya anda akan lebih tertarik untuk membuat rumah kayu dibandingkan yang lainnya, mungkin anda bingung ingin membuat model yang seperti apa untuk rumah dengan bahan baku yang satu ini, berikut ini beberapa desain yang bisa anda jadikan pilihan, yaitu:

- Gazebo, dengan memanfaatkan bahan kayu tak ada salahnya anda juga membuat rumah dengan model gazebo dengan memberikan ruang yang lebih longgar pada beberapa bagian.

- Minimalis kuno, tak ada salahnya bukan mencoba gaya yang populer zaman dulu dibandingkan sekarang, mengingat rumah yang satu ini juga tergolong antik.

Bagaimana, tertarik untuk membuat rumah kayu minimalis, dengan budget yang terbatas tentunya bahan baku yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan yang tepat.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik