Rumah Minimalis Ala Jepang Modern Sesuai Prinsip Yin dan Yang

Gaya dekorasi pada rumah minimalis ala jepang modern akhir-akhir ini lebih terkesan menjadi kebarat-baratan. Bukan gambaran dari rumah Jepang yang tradisional atau khas Jepang. Di Jepang, ruangan di dalam rumah harus ditata dengan baik karena mencerminkan karakter bagi penghuni rumah tersebut dan bagi lingkungan. Hal pertama yang menjadi ciri khas pada rumah Jepang adalah adanya sebuah tempat untuk menaruh beberapa barang yang diletakkan di dekat pintu masuk. Seperti ruangan yang bagi siapapun dapat meninggalkan sepatu dan alas kaki agar tidak berserakan dan tercampur. Hal tersebut merupakan budaya orang Jepang ketika rumah orang Jepang menggunakan tatami. Meskipun saat ini banyak rumah yang sudah modern dibangun tapi masih memegang tradisi. Misalnya menaruh sepatu dekat pintu masuk. Hal itu mempunyai arti memisahkan kesibukan dengan ketenangan ketika di dalam rumah.

Ada beberapa perbedaan antara rumah Jepang dan rumah ala Barat, diantaranya adalah:

- Ruang tamu pada rumah Jepang sangat multifungsi, terkadang digunakan untuk kamar tidur.
- Fungsi kamar mandi untuk orang Jepang, memisahkan toilet dengan wastafel.
- Menaruh sandal yang khusus di kamar mandi.

Baca juga: Rumah Minimalis Tampak Depan dengan Exterior yang Elegan



Nah, berikut adalah sedikit tentang rumah minimalis yang ada di Jepang adalah:

- Warna cat paling umum adalah warna putih.
- Warna hitam menjadi dasar agar memberikan efek highlight.
- Mendekorasi ruangan dibuat dengan suasana yang harmonis sesuai prinsip dari Yin dan Yang.
- Tekstur yang diterapkan untuk dekorasi adalah kayu cedar sebagai dinding, menggunakan batu untuk lantai bambu, sebagian besar furniturenya dari rotan dan bantal.

Dalam menata sebuah furniture harus ada unsur harmonisnya antara perabot satu dengan lainnya. Misalnya di tengah ruangan dijadikan focal point. Semuanya fokus tertuju pada ruangan tersebut. Bisa dengan menempatkan sebuah taman batu yang mini. Paling penting yang harus diperhatikan adalah ketika ingin mendesain rumah minimalis ala jepang modern usahakan jangan menaruh perabotan dengan berlebihan dan aksen yang berlebih. Karena konsep dari desain rumah Jepang adalah minimalis mengutamakan harmonisasi yang sesuai Yin dan Yang.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik