Menyetrika Cepat & Hemat Tenaga

Tumpukan pakaian yang harus disetrika bisa menjadi pekerjaan yang sangat melelahkan. Perlu sejumlah trik untuk membuat prosesnya lebih singkat.

- Untuk menyingkat waktu menyetrika, taruh selembar aluminium foil di atas meja setrika. Aluminium foil tersebut akan memantulkan panas dari setrika ke sisi bawah pakaian yang tengah disetrika. Dengan cara ini, kita seolah menyetrika kedua sisi pakaian sekaligus.

- Untuk mencegah kerah, kancing, dan hem mengerut, setrika sisi dalamnya dahulu. Demikian juga saat menyetrika kain yang tebal.

- Pakaian dari rajutan dapat melar jika disetrika dalam keadaan basah. Sebelum disetrika biarkan mengering seluruhnya.

- Jika tidak punya papan khusus untuk menyetrika lengan baju, masukan handuk yang digulung ke dalam lengan baju agar dapat disetrika tanpa meninggalkan bekas lipatan.

- Agar pakaian tetap berkilau, setrikalah bagian dalam pakaian, dan bukan bagian luar.

- Untuk merapikan pakaian yang berupa sulaman, setrika pakaian tersebut di atas sebuah handuk tebal dengan permukaan pakaian menghadap ke bawah.

Baca juga: Cara Efektif & Efisien Membersihkan Rumah



- Jika soleplate setrika lengket setelah menyetrika pakaian, bersihkan setrika menggunakan kertas aluminium, amplas halus, atau kertas dengan permukaan kasar. Jika setrika terbuat dari plastik, jangan gunakan kertas yang kasar.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik