Membuat Desain Denah Rumah Minimalis Sederhana Menjadi Elegan

Membuat rumah yang minimalis sedang menjadi tren di zaman sekarang ini. Apalagi dengan keterbatasan dana dan juga lahan, serta tidak banyaknya waktu untuk mengurus rumah, maka mempunyai rumah yang minimalis biasanya menjadi solusi banyak orang. Bagi keluarga muda terutama, mempunyai rumah dengan konsep denah rumah minimalis sederhana menjadi prioritas karena banyaknya biaya yang bisa ditekan dalam proses pembangunannya.

Namun dengan konsep rumah yang minimalis dan sederhana, adakalanya rumah menjadi terlihat sesak, atau justru malah terlalu kosong. Hal ini sering terjadi jika penataan di dalam rumah kurang tepat. Apalagi rumah yang berukuran kecil, jika tidak ditata dengan hati-hati, maka rumah menjadi terlihat penuh, tidak ada tempat untuk berjalan. Selain itu, rumah yang sederhana bukan berarti jelek, karena rumah sederhana sekalipun bisa disulap agar bentuknya lebih elegan. Karena itulah, mengatur estetika rumah sangat diperlukan.

Dalam mengatur rumah yang minimalis dan sederhana, ada beberapa trik dan hal yang harus diperhatikan. Semua itu tentunya untuk membuat rumah menjadi terlihat indah dan asri, lega dan nyaman bagi penghuninya. Beberapa caranya yaitu:

1. Memilih perabotan yang sesuai dengan situasi rumah. Jika rumah Anda kecil, tentu Anda tidak bisa memilih perabotan yang besar, karena akan memakan banyak tempat.

2. Perhatikan model rumah. Jika rumah mempunyai gaya yang modern dan simpel, praktis dan tidak rumit, maka usahakan mencari perabotan yang desain nya tidak terlalu kompleks agar serasi.

3. Buat jendela yang bentuknya cukup lebar. Jendela yang lebar akan memberi kesan ruangan yang lebih luas. Selain itu, banyaknya cahaya yang masuk akan membantu mengurangi kelembaban di dalam rumah, membuat rumah lebih terang.

4. Ingin membuat batas antar ruangan? Cukup memakai partisi atau sekat. Tidak perlu membangun tembok untuk memisahkan antara ruangan satu dengan ruang lain.

Hal yang patut diperhatikan dalam membuat konsep denah rumah minimalis sederhana adalah kelancaran sirkulasi udara. Di dalam rumah yang minimalis dan acapkali berukuran kecil, kurangnya udara dan cahaya yang masuk biasanya menjadi masalah tersendiri, apalagi karena terbatasnya lahan yang ada. Pastikanlah bahwa udara dan cahaya mudah masuk ke dalam rumah.


Kriteria Desain Denah Rumah Minimalis

Sekarang ini kita tentunya sering mendengar kata ‘rumah minimalis’, terutama jika kita sedang menghadiri pameran properti di mall atau di pusat perbelanjaan. Sepertinya sekarang ini yang disebut dengan rumah yang sederhana, dengan konsep desain denah rumah minimalis sedang banyak dicari orang. Tetapi pernahkah kita bertanya-tanya, sebenarnya apakah yang dimaksud dengan rumah yang minimalis tersebut? Apakah rumah yang kosong? Atau rumah yang sederhana? Atau rumah yang bagaimana?

Konsep rumah minimalis pertama kali muncul di negara-negara barat, karena harga rumah yang semakin lama semakin mahal dan lahan yang semakin terbatas. Rumah seperti ini ukurannya tidak besar, namun mempunyai beberapa ruang kecil yang dimanfaatkan semaksimal mungkin. Yang paling utama dalam konsep rumah ini adalah bahwa tidak ada ruangan yang tersia-sia, semua mempunyai fungsinya sendiri, sampai ke sudut-sudutnya.

Rumah yang minimalis mempunyai ciri-cirinya yang khusus, yang sekali Anda lihat, Anda dapat langsung tahu. Inilah ciri-cirinya:

• Bentuknya terkesan simpel, tidak rumit, dan bersih.
• Kaca jendela nya polos tanpa adanya ornamen sama sekali.
• Di dindingnya terdapat garis-garis.
• Lebih menonjolkan ornamen yang ada di dinding dibandingkan atap yang cenderung polos.
• Rumah berkonsep minimalis sekarang ini banyak yang menggunakan dinding aluminium agar terlihat modern.
• Menggunakan batu-batu alam dengan tekstur alami dan simpel.
• Tidak menggunakan bentuk-bentuk yang terlalu kompleks atau berlebihan, karena lebih mengusung konsep minimalis.
• Bentuknya lebih unik, karena biasanya disesuaikan dengan karakter sang empunya rumah.

Pada konsep desain denah rumah minimalis, yang pastinya adalah kesan bahwa rumah tersebut rapi dan bersih. Hal ini karena minimnya perabotan yang dipakai dan ukurannya yang biasanya tidak terlalu besar. Selain itu, satu ruangan dalam satu rumah bisa berfungsi ganda, seperti ruang keluarga yang bisa menjadi ruang tamu. Jika Anda ingin membuat rumah dengan konsep minimalis, maka hindarilah dekorasi yang terlalu berlebihan dan cat yang terlalu semarak. Dengan struktur rumah yang jelas, simpel, dan mengutamakan kualitas, rumah minimalis merupakan cermin masyarakat modern sekarang ini.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik