Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur, Pintar-pintar Mengatur Ruangan

Di zaman modern yang semakin padat ini, mempunyai rumah sendiri cukup susah, apalagi mempunyai rumah besar. Biaya dan lahan yang terbatas menjadi dinding penghalang bagi banyak orang. Tidak heran jika kemudian bidang properti di Indonesia kebanjiran pembeli yang menginginkan rumah minimalis. Dengan dana dan lahan terbatas, desain yang minimalis seakan menjadi solusi yang menyelamatkan banyak orang. Namun banyak orang yang masih menginginkan rumah dengan kamar yang banyak, sehingga konsep denah rumah minimalis 3 kamar pun banyak dicari.

Jika dipikir-pikir, mempunyai rumah dengan lahan terbatas tidak memberikan ruang cukup. Lantas bagaimana caranya membuat agar 3 kamar sekaligus bisa masuk di dalam desain rumah yang minimalis? Anda tidak punya banyak tempat untuk kamar berukuran besar. Karena itu, mengurangi luas kamar tidur bisa menjadi solusi. Selain itu, harus dipastikan bahwa masih ada cukup ruang untuk membangun satu kamar lagi. Biasanya, di perumahan ada lahan sisa untuk membangun taman atau garasi. Ini bisa dimanfaatkan karena sisa lahan tersebut biasanya cukup luas untuk garasi dan ekstra kamar.

Ada beberapa siasat agar rumah minimalis Anda bisa menampung 3 kamar tidur, di antaranya:

1. Meletakkan kamar di bagian sisi ujung dalam ruangan. Hal ini akan membuat sirkulasi udara tetap lancar dan ruangan lain masih cukup lega.

2. Buat kamar mandi atau toilet atau gudang yang tidak terlalu besar. Jika ruangan seperti gudang tidak terlalu sering Anda pakai, maka Anda pun tidak perlu membuatnya terlalu luas sehingga memakan tempat.

3. Sesuaikan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin membangun ruangan atau kamar hanya karena Anda ingin kamar yang banyak, sebaiknya batalkan saja. Anda cukup membangun kamar atau ruangan yang memang sungguh Anda perlukan.


Yang jelas, dalam mendesain denah rumah minimalis 3 kamar membutuhkan banyak pertimbangan. Kurangnya lahan dan persoalan sirkulasi menjadi masalah utama. Akan lebih baik jika memang Anda benar-benar ingin memiliki 3 buah kamar, Anda membangun satu lantai lagi sehingga akan lebih banyak ruang yang tersisa untuk keperluan lain. Tetapi jika memang Anda hanya ingin rumah dengan satu lantai, maka bijaklah dalam mengatur tempat.

Konsep Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Tidur

Rumah minimalis sekarang ini sedang banyak digandrungi para pengembang properti di Indonesia. Selain karena harganya yang jelas bisa ditekan sehingga lebih murah daripada rumah biasa, desain minimalis juga mulai banyak disukai orang karena efisien namun tetap memberi kesan yang elegan. Salah satu konsep yang disukai oleh orang-orang yang telah berkeluarga adalah konsep denah rumah minimalis 3 kamar tidur, yaitu konsep rumah yang berukuran sedang dengan 3 buah kamar tidur.

Untuk merencanakan sebuah rumah, tentunya memerlukan perencanaan terlebih dahulu, apalagi jika Anda memutuskan untuk membuat lebih dari 2 kamar tidur di dalam rumah. Jika Anda tidak merancangnya, maka ada kemungkinan rumah yang Anda inginkan letaknya menjadi tidak efisien dan justru berbelit-belit. Ada banyak ide yang bisa Anda lakukan dengan rumah yang mempunyai 3 kamar tidur namun tetap terkesan minimalis, yang penting adalah Anda tahu betul apa yang Anda mau dari rumah Anda.


Jika Anda ingin membangun rumah dengan 3 kamar tidur, maka Anda perlu memikirkan, apakah satu kamar ekstra tersebut untuk anak, atau untuk tamu? Pada rumah 1 lantai, dapat dibangun konsep di mana 1 kamar adalah kamar tidur Anda, sementara 2 kamar lain adalah untuk anak-anak. Jika memang demikian, maka Anda bisa meletakkan kamar tidur Anda di posisi depan, di dekat ruang tamu, sementara posisi kedua kamar tidur anak ada di posisi belakang, di kiri dan kanan ruang keluarga. Selain itu, jika Anda jarang menerima tamu, maka yang bisa Anda buat adalah meletakkan ruang keluarga di pojok belakang, sementara ketiga kamar tidur berada di posisi seberang nya, berjejer langsung secara lurus, sementara kamar mandi berada di posisi tengah belakang.

Selain konsep-konsep di atas, jika Anda memilih denah rumah minimalis 3 kamar tidur, maka hal baik yang bisa Anda lakukan saat merancangnya adalah mengelompokkan area kamar tidur di satu sisi, sementara area seperti kamar mandi dan dapur di sisi lain. Hal ini untuk mencegah terjadinya udara lembab yang menyebar hingga masuk kamar tidur dan mengganggu kenyamanan Anda.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik