Konsep Denah Rumah Minimalis Type 36 dan Type 45

Di perkotaan sekarang ini, memiliki rumah yang besar sepertinya sudah bukan lagi pilihan yang bijak, apalagi bagi yang tinggal di perumahan. Selain karena kurangnya lahan, banyak keluarga sekarang yang jumlah anggota keluarganya tidak sebanyak dahulu, sehingga tidak memerlukan ruangan yang terlalu luas. Solusinya? Yaitu dengan membuat konsep denah rumah minimalis type 36. Apa saja keuntungan dari rumah tipe ini? Simak yang berikut.

Rumah model tipe 36 sudah semakin umum dipilih banyak orang, terutama mereka yang tinggal di daerah kota besar. Tipe 36 menunjukkan bahwa luas lahan di tanah ini adalah 36 meter persegi, dan di lahan seluas inilah, Anda bisa mempunyai rumah yang fasilitasnya sudah cukup lengkap. Biasanya pada rumah dengan tipe ini, maka fasilitas yang bisa dipakai adalah 2 buah kamar tidur, ruang tamu atau ruang keluarga, kamar mandi, dan dapur. Bisa pula ditambah dengan ruang makan jika dapur dipilih bergaya minimalis.


Apa saja keuntungan memilih rumah dengan tipe ini? Keuntungannya adalah:

1. Mudah dibersihkan. Ukuran rumah yang tidak begitu luas membuat kegiatan bersih-bersih lebih cepat selesai, karena tidak banyak ruangan yang perlu dibersihkan.

2. Biaya murah. Dengan harga terjangkau, Anda sudah mendapatkan sebuah rumah dengan fasilitas lengkap.

3. Praktis. Karena ukuran rumah yang tidak begitu besar, maka jarak antara ruangan lebih dekat, namun masih cukup memberi ruang sehingga tidak terlihat berdesak-desakan.

4. Nilai jual kembali masih cukup tinggi. Karena rumah dengan tipe model ini banyak peminatnya, maka jika Anda berpikir untuk pindah rumah dan menjual kembali rumah lama Anda, maka Anda akan mendapatkan harga yang cukup menguntungkan.


Jadi pada dasarnya, memilih rumah yang mempunyai konsep denah rumah minimalis type 36 sangatlah cocok bagi Anda yang ingin mempunyai rumah yang praktis dan modern, namun tidak melupakan estetika rumah. Membuat konsep rumah dengan tipe ini juga memberikan ruang yang cukup bagi Anda yang ingin berkreasi dan memanfaatkan setiap sudut ruangan yang ada.

Perhatikan Denah Rumah Minimalis Type 45

Mempunyai rumah yang minimalis namun elegan dan masih mempunyai cukup ruang untuk bergerak merupakan rumah yang sekarang ini menjadi ideal. Tidak heran jika kemudian konsep rumah dengan denah rumah minimalis type 45 banyak digandrungi pula oleh masyarakat di perkotaan. Bagi mereka yang tidak terlalu suka dengan rumah bertipe 36 yang dirasa terlalu sempit, maka rumah dengan tipe 45 bisa merupakan solusi yang bagus, karena mempunyai dimensi yang sedikit lebih besar dan memberikan ruang lebih dalam berkreasi mengatur tatanan interiornya.

Biasanya, rumah dengan tipe 45 yang minimalis mempunyai 2 buah kamar tidur, 1 ruang tamu, 1 buah ruang keluarga, 1 kamar mandi, dan 2 taman, yaitu di belakang dan di depan, serta garasi jika memang diinginkan. Lebar rumah ini biasanya mencapai 7 meter, sehingga jika Anda memilih tipe seperti ini, maka Anda harus bersiap untuk menjadi kreatif dalam merancang rumah Anda.


Saat Anda memilih untuk membangun rumah dengan tipe 45, maka Anda harus tahu bahwa lahan yang Anda punya cukup terbatas, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, yaitu:

1. Rumah tipe ini biasanya mempunyai sisa lahan yang cukup untuk 1 mobil saja, dan itupun mobil yang kecil. Jadi jika Anda membeli rumah seperti ini, Anda tidak perlu membeli mobil yang terlalu besar.

2. Ruang tamu dan ruang keluarga biasanya menjadi satu karena keterbatasan tempat. Maka sebaiknya Anda memilih perabotan seperti sofa dan meja yang kompak dan praktis, tidak terlalu besar, dan bisa ditaruh di bagian sudut ruangan agar rumah terlihat lega.

3. Jika Anda ingin memisahkan ruang tamu dan keluarga, cukup menggunakan sekat, tidak perlu dibuat tembok.

4. Pilih lantai yang warnanya sesuai dengan dinding. Gunakan karpet jika perlu.


Itulah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat Anda hendak membuat konsep denah rumah minimalis type 45. Rumah jenis ini, bersama dengan rumah tipe 36, banyak disukai orang-orang di perumahan karena praktis dan mempunyai biaya yang lebih rendah. Tetapi tentu saja, pastikan bahwa desain rumah tersebut nyaman untuk Anda dan keluarga.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik