Denah Rumah Minimalis Modern dan Pemanfaatan Ruang

Bagi masyarakat modern, terutama di daerah kota besar, masalah rumah biasanya menjadi suatu problem tersendiri. Tidak banyaknya lahan yang tersedia dan jam kerja yang sibuk membuat banyak keluarga saat ini lebih menyukai rumah yang kesannya minimalis dan tidak terlalu rumit. Hal ini terlihat dari banyaknya konsep denah rumah minimalis modern yang kini banyak dijumpai di perumahan.

Membuat rumah yang mempunyai konsep minimalis memang sedang digandrungi banyak orang. Selain mempunyai kesan yang modern, rumah dengan model tersebut biasanya mempunyai estetika yang terkesan rapi dan praktis, serta futuristik. Ukurannya yang tidak begitu besar juga ideal bagi mereka yang mempunyai keluarga kecil. Meskipun mempunyai ruang yang tidak banyak, namun dengan desain yang tepat, maka rumah tersebut ternyata bisa dimanfaatkan setiap sudutnya.

Terbatasnya ruang merupakan masalah yang paling sering dijumpai dalam setiap denah rumah yang minimalis, maka untuk memanfaatkan dengan semaksimal mungkin, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:

1. Membuat konsep di mana ruang tamu dan ruang keluarga dijadikan satu. Sekarang ini biasanya orang sudah jarang menerima tamu, dan bila ada tamu sekalipun, biasanya mereka tidak singgah terlalu lama, jadi Anda bisa mengkombinasikan kedua ruangan ini agar lebih efisien.

2. Manfaatkan setiap jengkal lahan yang ada. Anda tidak mempunyai banyak ruang kosong ataupun lahan. Jadi pergunakan sebaik-baiknya. Jika ingin membuat suatu ruang terbuka, pastikan bahwa ruang tersebut mempunyai manfaat dan bukan sekedar ‘kosong’.

3. Membuat lantai 2 jika Anda mempunyai biaya yang cukup. Dengan demikian, maka Anda bisa membagi area yang ada di rumah dengan jelas.

Yang pasti dalam membuat konsep denah rumah minimalis modern adalah bahwa ruangan di dalam rumah tersebut pastinya tidak luas, sehingga fasilitas yang bisa dimasukkan di dalamnya pun pasti terbatas. Agar ruangan tidak terasa sesak, Anda harus pintar-pintar mempertimbangkan bagaimana tatanan rumah yang baik bagi keluarga Anda. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan agar sirkulasi udara di rumah minimalis tetap lancar dan membuat penghuni nyaman.


Contoh Denah Rumah Minimalis, Memilih Dengan Bijak

Mempunyai rumah sendiri tentunya adalah idaman banyak orang. Meskipun sekarang ini di kota-kota besar, persoalan lahan tampaknya menjadi masalah sendiri karena semakin sempitnya ruang hidup yang tersedia. Oleh karena itulah, banyak pengusaha properti yang dalam pameran sering menunjukkan contoh denah rumah minimalis bagi para calon pembeli, karena biaya untuk rumah-rumah minimalis tersebut lebih murah, dan sekarang ini semakin banyak peminatnya.

Saat orang menyebut konsep rumah yang minimalis, sebenarnya bagaimana rumah yang minimalis tersebut? Apa saja contohnya? Sesuai dengan konsepnya, minimalis berarti tidak rumit, tidak membutuhkan biaya banyak, dan tidak terlalu neko-neko dalam desain rumahnya. Rumah seperti ini biasanya ditujukan bagi pasangan yang masih muda, yang jumlah keluarganya belum banyak atau memang tidak berencana untuk mempunyai anggota keluarga yang banyak. Perabotan yang dipakai pun biasanya juga bukan perabotan dengan bentuk yang rumit dan berukuran besar, namun merupakan alat-alat yang biasanya sudah dibentuk sehingga sesuai dengan sudut-sudut rumah, memanfaatkan setiap ruangannya.

Jadi, apa saja contoh dari rumah minimalis tersebut? Rumah yang minimalis biasanya cukup mempunyai 2 kamar tidur saja, dilengkapi dengan ruang keluarga yang juga menjadi satu dengan ruang tamu, 1 kamar mandi, dapur dan ruang makan yang menjadi satu, dan juga gudang ataupun teras. Dengan cukup adanya 2 kamar tidur saja, maka kamar akan terasa lebih lega dan lebih luas, nyaman bagi sang empunya dan keluarga. Tentu saja, jika Anda sewaktu-waktu ingin menerima tamu yang menginap, maka Anda mungkin lebih memilih mempunyai 3 kamar tidur. Namun dengan demikian, ruangan yang ada juga akan semakin sempit, jadi Anda perlu memilih dengan bijak.

Konsep di atas merupakan contoh denah rumah minimalis yang hanya mempunyai satu lantai. Jika Anda mempunyai dana lebih, maka mungkin Anda dapat membangun satu lantai lagi. Dengan adanya satu lantai sendiri, maka Anda lebih bebas dalam merancang desain rumah Anda, dengan menjadikan lantai 2 khusus ruang pribadi Anda dan keluarga, sementara lantai bawah adalah ruangan bagi tamu dan anggota keluarga lain yang kebetulan datang.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik