Mengenal Jenis-Jenis Atap Plafon Rumah Minimalis

Hampir semua rumah memiliki plafon sebagai penguat atap, ada yang rumah biasa ada pula atap plafon rumah minimalis yang saat ini semakin banyak digemari. Banyak orang, terutama orang perkotaan, mendesain rumah idaman dengan model minimalis. Rumah dengan desain minimalis ini akan membutuhkan lahan yang tidak terlalu luas sehingga cocok untuk anda yang memiliki sebidang tanah di lokasi yang padat penduduk. Rumah gaya minimalis ini juga memiliki kekuatan yang lebih baik, namun meskipun demikian adanya kemungkinan kerusakan tetap bisa terjadi.

Mengantisipasi kemungkinan tersebut, banyak orang yang mencoba mengakali arsitektur rumah agar lebih kuat dan tahan cuaca. Penambahan plafon memungkinkan rumah gaya minimalis lebih kuat menahan perubahan cuaca ekstrim. Hal ini akan memberikan perlindungan kepada anda selaku pemilik rumah, dari resiko terjadinya kebocoran saat musim hujan. Keberadaan plafon juga akan menjadikan hunian anda terkesan lebih elegan dan juga cantik. Membersihkan permukaan plafon tentu lebih mudah, jika dibandingkan membersihkan atap genteng secara langsung.

Mengingat manfaat ganda yang diberikan oleh plafon yang dipasang dengan baik, maka sebagai bahan pertimbangan dalam memilih plafon. Berikut informasi mengenai jenis-jenis plafon yang perlu anda ketahui:

1. Plafon Glass Block, plafon jenis ini memiliki permukaan yang menyerap dan menyalurkan cahaya matahari sehingga lebih sering ditempatkan di kamar mandi.

2. Plafon Fiber, merupakan salah satu jenis plafon yang dijual dalam bentuk lembaran, memiliki dua jenis yakni yang berwarna buram dan juga transparan.

3. Plafon Gypsum, jenis plafon satu ini merupakan yang sering dipilih, sebab cocok untuk segala jenis desain rumah dan proses pemasangannya pun lebih mudah.

Baca juga: Rumah Minimalis Atap Dak Cor



Mengetahui jenis plafon ini akan membantu anda memahami plafon mana yang sebaiknya dipasang dan cocok dengan desain rumah. Plafon jneis tertentu lebih cocok untuk desain rumah yang mewah, dan untuk rumah sederhana atau minimalis menjadi kurang nyambung. Plafon seperti jenis Glass Block juga lebih cocok untuk dipasang pada ruangan yang sering lembab dan tidak terlalu sering digunakan. Sebagai contoh adalah kamar mandi, ruang penyimpanan atau gudang, dan lain sebagainya yang membutuhkan bantuan sinar matahari agar lebih hemat listrik. Sementara untuk anda yang kebingungan sebaiknya memilih plafon jenis Gypsum.

Jenis gypsum ini memiliki banyak kelebihan, dan salah satunya adalah sifatnya yang cocok dipasang pada type rumah apapun. Jika anda memiliki rumah minimalis, maka menggunakan plafon gypsum bisa dijadikan pilihan untuk mempercantik rumah. Proses pemasangannya pun relatif lebih mudah, sehingga tidak membutuhkan banyak waktu untuk pemasangan. Apapun jenis plafon yang anda pilih sebaiknya menyesuaikan dengan kebutuhan. Baik besarnya ruang, tema ruang, dan lain sebagainya untuk tidak keliru dalam memilih atap plafon rumah minimalis yang berkualitas.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik