4 Persiapan Menata Ruang Tamu Minimalis Gaya Jepang

Jika anda bingung memilih tema apa untuk mendesain ruang tamu, anda bisa mencoba gaya penataan ruang tamu minimalis gaya Jepang. Jepang merupakan salah satu negara yang berkembang dengan baik di segala bidang, termasuk untuk urusan arsitektur interior dan eksterior. Masyarakat Jepang sudah terbiasa menata dan memaksimalkan luas lahan yang tergolong sempit untuk bisa tampil tetap cantik dan menarik. Karena juga menjadi salah satu negara yang sering mengalami gempa bumi dan gunung meletus, maka desain pembangunan rumah yang ada juga lebih dinamis.

Ketika anda sedang mendesain ruang tamu yang tepat sesuai dengan tema hunian yang dibuat, hal ini tentu membutuhkan pertimbangan. Sebab, penataan dan penempatan perabotan yang asal-asalan justru akan merusak nilai artistik sebuah ruang. Ruang tamu yang tidak hanya digunakan oleh orang yang sudah lama dikenal, menjadikan anda perlu memberikan perhatian lebih dalam mendesain dekorasinya. Desain penataan ruang tamu yang terinspirasi gaya Jepang bisa anda pilih, sebab penataannya terbilang sederhana namun bisa meningkatkan nilai keindahan ruang tamu anda.

Sebelum anda melakukan penataan ruang tamu, sebaiknya anda mempertimbangkan hal berikut agar hasilnya nanti lebih memuaskan:

1. Memperhatikan ukuran dari ruang tamu yang dimiliki, hal ini sangat penting agar bisa menempatkan perabotan dengan ukuran yang tepat.

2. Rumah minimalis identik dengan ruang yang sempit, ruang tamu rumah di Jepang sering memanfaatkan tempat duduk lesehan sehingga hemat tempat, anda bisa mencobanya.

3. Hindari kebiasaan menempatkan perabotan yang tidak memiliki fungsi apapun, pasang lukisan seperlunya saja dan melihat apakah ukuran figura efektif memberikan kesan ruang lebih lapang.

4. Gunakan material lantai yang memiliki warna terang, jika menginginkan karpet sebaiknya memiliki warna senada agar lantai terkesan lebih luas.

Baca juga: 4 Tips Memilih Sofa untuk Ruang Tamu Gaya Minimalis



Rumah minimalis jika menempatkan perabotan secara sembarangan dan tidak memperhitungkan sebelumnya. Akan membuat ruang tamu anda lebih terasa sumpek dan menjadi kurang nyaman, hal ini perlu dihindari. Memberikan kesan luas bisa menambahkan perabotan yang terbuat dari material kaca, sehingga memberikan pantulan dan tembus pandang. Hal ini memberikan ilusi kepada siapa yang melihat sekeliling ruang merasa kenyamanan dan tidak merasa sempit. Pengaturan gaya tata ruang tamu ala Jepang bisa meninggalkan penggunaan kursi dan beralih ke tempat duduk di lantai, atau lesehan.

Tempatkan hiasan dinding seperlunya, jangan terlalu berlebihan, memiliki hiasan dinding yang banyak akan membuat ruang terasa berat. Efeknya, ruang tamu anda tidak jauh dari kata sumpek sehingga siapapun yang masuk tidak akan betah berlama-lama. Persoalan lantai sebaiknya juga diperhatikan, karena akan menggunakan tempat duduk lesehan. Sebaiknya lantai anda terbuat dari keramik yang berwarna cerah, hal ini akan membantu anda memiliki ruang tamu minimalis gaya Jepang yang cantik dan menarik.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik