Menciptakan Ruang Tamu Minimalis Biru yang Inspiratif

Ruang tamu minimalis biru merupakan sebuah penentuan desain yang bersumber melalui ide kreatif diri sendiri maupun terinspirasi dari beberapa desain yang sudah ada. Umumnya ketika seseorang sedang membutuhkan solusi mengenai desain seperti apa yang paling tepat, maka muncul beberapa inspirasi yang berasal dari imajinasi. Akan tetapi sebenarnya untuk menentukan desain yang paling tepat tidak cukup sekedar mengandalkan ide inspiratif saja. Adanya logika mengenai efek yang akan ditimbulkan dari desain tersebut juga patut untuk dipikirkan. Itulah yang menjadi alasan sulitnya menentukan desain ruang tamu kecil dibanding dengan gaya konvensional.

Pemilihan cat dinding

Salah satu yang berpengaruh terhadap kenyamanan serta keindahan dari ruang tamu dengan gaya minimalis terletak pada pemilihan warna. Menggunakan warna biru pada dinding ruang tamu maupun beberapa furniture di dalamnya akan membuat suasana menjadi lebih sejuk dan tenang. Sehingga pilihan ini akan menjadi yang paling tepat diaplikasikan sebagai warna dasar dari ruang tamu. Ditambah lagi ketika pagi hari, matahari dapat menyinari ruangan dengan lebih leluasa dan warna biru cerah yang digunakan akan terlihat lebih terang serta bersinar.

Pemilihan furniture

Kecilnya ukuran ruang tamu dengan gaya yang minimalis tidak membutuhkan adanya furniture yang berlebihan. Sebaiknya cukup tempatkan beberapa furniture penting saja, seperti halnya 1 sofa dengan ukuran sedang, meja kecil dan lain sebagainya. Hal tersebut dimaksudkan agar ruangan dapat lebih dimanfaatkan secara efisien serta pencahayaan di dalam ruang menjadi lebih merata. Jika memilih warna dinding dengan aplikasi biru terang, maka pemilihan furniturnya dapat disesuaikan. Warna seperti putih atau abu-abu akan memberikan nuansa yang terlihat lebih indah ketika dipadukan dengan dinding biru terang.

Baca juga: Bilah Papan untuk Atap


Pemilihan hiasan atau dekorasi

Meskipun ruang tamu yang bergaya minimalis berukuran cukup kecil, namun penggunaan unsur modern tetap dapat dipertahankan. Agar terlihat lebih modern, dapat ditambahkan beberapa hiasan pada dinging ruangan. Gunakan hiasan-hiasan dengan bingkai berwarna cerah agar terlihat serasi. Akan lebih cantik tentunya jika warnanya diselaraskan dengan warna-warna furniture yang digunakan pada ruangan tersebut. Selain itu cukup tempatkan beberapa hiasan saja dan sisakan bidang lain untuk tetap kosong agar ruangan tidak terkesan penuh atau semakin sempit.

Pemilihan tata pencahayaan

Pencahayaan tentu saja sangat berperan dalam menjadikan ruangan yang indah dan nyaman. Cahaya yang masuk ke ruangan dalam jumlah cukup setiap harinya dapat mengusir suasana lembab dan pengap. Udara yang masuk ke dalam ruangan juga sebaiknya dapat masuk bersamaan dengan cahaya. Selain itu pada pemilihan ruang tamu minimalis biru, cahaya berperan untuk menghidupkan nuansa cerah ceria di dalam ruangan. Sehingga penting untuk menempatkan beberapa jendela atau cermin yang dapat memudahkan masuknya cahaya. Fungsi jendela dan cermin disini sebenarnya juga dapat membuat ruang tamu terlihat lebih luas.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik