Konsep Terbuka untuk Desain Rumah Minimalis Modern 2 Lantai

Desain Rumah - Beberapa pasangan muda lebih mengedepankan konsep terbuka bagi desain rumah minimalis modern 2 lantai miliknya, ini akan menghemat energi listrik juga sebagai sirkulasi udara alami yang lebih menyejukkan serta menyehatkan. Memang tidak disalahkan penggunaan pendingin udara di rumah, selain bisa menetralkan suhu ruangan, penggunaan alat elektronik ini juga dapat menghasilkan kualitas udara yang baik, apalagi jika rumah anda berdekatan dengan jalan raya. Namun sekarang ini sudah banyak orang yang menerapkan konsep terbuka sebagai dasar bangunan rumahnya. Apakah tidak berbahaya menggunakan model rumah seperti ini ?

Jika bertanya keamanan pastinya akan banyak akses terbuka di seluruh penjuru rumah, namun jika di tanya manfaat anda akan mendapatkan udara kualitas prima langsung dari alam, yaitu dengan adanya taman di sekeliling rumah. Konsep ini akan seperti hutan dalam rumah, secara alami tumbuh-tumbuhan akan menghasilkan oksigen yang berlimpah di pagi hingga sore hari dan akan mengeluarkan karbon dioksida lebih banyak di malam hari. Sehingga kita harus memberikan penutup yang cukup agar rumah tetap hangat di malam hari.







Cara untuk mensiasati hal tersebut dengan menggunakan partisi dan bisa di buka tutup seperti jendela, berikut cara memaksimalkan konsep rumah terbuka:

• Kurangi penggunaan plafon, kegunaannya memang untuk mempercantik ruangan namun sering kali membuatnya terlihat lebih pendek dan panas. Dimana pada rumah konsep terbuka akan meminimalisir penggunaan dan mengganti dengan platform yang menempel langsung di rusuk genting, seperti rumah jaman dahulu, sehingga udara luar bisa tetap masuk melalui celah tersebut.

• Banyak terdapat jendela, rumah bukaan identik dengan pemakaian jendela yang besar dan sangat boros, karena hampir menyeluruh pada seluruh permukaan samping rumah. penggunaan jendelanya akan lebih mudah dan murah tanpa mengabaikan suhu dingin yang keluar di malam hari.

• Memperbanyak ornament kayu, biasanya rumah alam semacam ini banyak menggunakan kayu, dimana material ini tidak akan panas di siang hari dan akan menjadi hangat pada malam hari.

Tips kemaksimalan konsep terbuka ini sangat mendukung desain rumah minimalis modern 2 lantai menjadi lebih cantik dan tidak monoton, ada baiknya anda menerapkan bukaan yang cukup besar di lantai bawah agar tidak terlalu panas di lantai bawah. Selain itu sebaiknya anda menempatkan blower yang sudut ruangan untuk menetralkan suhu panas.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik