Cepat Kering dengan Dinding Batako

Dalam mendesain ruang jemur dan cuci, sebaiknya perhatikan faktor intensitas cahaya matahari yang masuk. Hal ini berkaitan dengan tingkat kelembapan ruang tersebut.

- Lantai yang lembap berpotensi menimbulkan lumut dan jamur. Selain melalui atap, Anda bisa memasukkan cahaya melalui dinding, sehingga lantai ruang cuci cepat kering.

- Dinding batako yang disusun renggang bisa menjadi jalan keluar. Melalui rongga inilah sinar matahari menerobos ruang dan membuat ruang terang. Susun dan rekatkan dengan semen. Lebar rongga antarbatako tergantung selera Anda.

- Ada dua jenis batako: yang menggunakan sistem press, dan yang menggunakan campuran kapur. Tentu, batako sistem press lebih kuat, karena campuran semennya lebih solid.

Baca juga: Taburan Batu Koral untuk Lantai



- Pembangunan dinding dengan batako juga terbilang hemat bahan. Batako sistem press berukuran 8,5cm 12cmx26cm. Batako berbahan campuran kapur 9cmx19cm39cm. Artinya, setara dengan tiga hingga empat bata. Waktu pemasangan pun lebih cepat, sehingga irit ongkos tukang.

- Permukaan batako cenderung kasar dan berpori, sehingga sulit dicat. Bila akan dicat, dinding batako harus diplester layaknya dinding bata.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik