Trik Pasang Bilah Papan untuk Atap

Ada banyak pilihan atap untuk ruang terbuka, termasuk ruang jemur pakaian. Salah satunya adalah berbahan papan. Selain mudah didapat, bahan ini gampang dipasang oleh tukang biasa. Jenis papan yang dapat diaplikasikan untuk atap adalah bangkirai, jati, ulin, merbau, atau kamper.

- Desain berongga dapat dipilih untuk atap ruang jemur. Papan-papan itu dipasang membentang, lalu bagian tengahnya diselang- seling: terbuka, tertutup. Kisi- kisi papan dapat merespon sinar matahari, air hujan, termasuk pergerakkan udara. Di lokasi ini, papan yang digunakan berukuran 15cmx2,8cm, setebal 2cm.

- Papan dapat diinstal dengan konstruksi rangka kayu juga. Jajaran papan yang membentuk kisi-kisi itu mendapat tumpuan dari kayu yang menempel pada dinding.Tiap papan diikat dengan paku. Dengan cara ini, beban papan dapat dipikul merata.


Baca juga: Jemuran Cepat Kering dengan Dinding Batako

- Apapun jenis papan yang digunakan, sebaiknya mendapat pelapisan obat antirayap dan UV (Ultra Voilet). Selain mengahalau serangan serangga, treatmeant ini mengurangi efek menyusut dan memuai akibat perubahan suhu bangunan.

- Telitilah saat proses pemakuan papan. Pemakuan yang keliru dapat membuat papan pecah. Ada baiknya membuat garis tengah sebelum memaku papan. Posisikan paku tegak lurus, sehingga tidak merusak atau membuat papan retak.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik