Dapur atau Ruang Memasak Jadi Lebih Nikmat

Supaya waktu memasak jadi lebih menyenangkan, sediakan hiburan di dekat dapur. Boleh radio, boleh juga pesawat televisi mini. Yang penting ingatkan, jangan sampai asisten keasyikan menyaksikan tayangan ketimbang mengurus masakan. Bisa-bisa hangus, berabe.

- Foto di dibawah ini diambil dari area dapur kotor berukuran 2,6mx3m. Letaknya bersebelahan dengan ruang makan dan dapur bersih keluarga, namun dibatasi pintu dan dinding permanen. Persis di depan dapur kotor, ada ruang rehat berukuran 2,1 mx2,1 m bagi para asisten dan lorong dari area garasi ke halaman belakang rumah. Lantai ruang rehat tersebut naik 16cm dari lantai lorong. Konstruksi lantai berupa potongan-potongan pelat beton 70cmx80cm.

- Dapur dan ruang rehat dipisahkan dinding dan jendela kaca tembus pandang yang dapat dibuka ke arah ruang rehat. Dengan begini, asap dari dapur dapat keluar dengan mudah, tanpa harus memakai cooker hood.

Baca juga: Meyetrika Cepat Hemat Tenaga



- Di ruang rehat, terdapat meja dan empat kursi. Ada pesawat TV mini terpasang di atas menggunakan bracket. Posisinya sedikit lebih tinggi dari kepala orang yang berdiri. Sambil memasak, asisten dapat menonton, tanpa perlu memalingkan wajah atau mendongakkan kepala, sehingga lehernya tidak pegal.

- Beratapkan kaca buram yang disangga rangka besi, ruang ini diberi aksesori hiasan dari besi beton yang dililit tanaman rambat.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik