Tips Menjaga agar Laptop Bisa Digunakan Lebih Lama

Kebutuhan untuk memaksimalkan jam kerja di rumah bisa dilakukan dengan menyediakan laptop yang serbaguna dalam menyelesaikan berbagai bentuk pekerjaan. Termasuk ke dalam perangkat komputer portable menjadikannya banyak dipilih untuk kebutuhan perangkat kerja. Menggunakan perangkat ini juga menjadi lebih praktis sebab bisa digunakan tanpa harus terhubung dengan sumber energi listrik. Bagi para karyawan kantoran yang sering dinas di luar kota maka memiliki perangkat satu ini adalah sebuah kebutuhan utama.

Meskipun menawarkan kelebihan yang tentunya lebih baik dibandingkan dengan komputer biasa, perawatan secara tepat menjadi sebuah kebutuhan. Perangkat portable ini cenderung ringkih dibandingkan dengan komputer dan akan semakin parah jika tidak dirawat dengan baik. Perawatan yang sebaiknya dilakukan antara lain:

1. Menjaga kebersihan perangkat portable ini,
Perangkat portable satu ini menjadikan keyboard menyatu dengan layar atau LCD sehingga memiliki ukuran kecil dan kebutuhan ruang terbatas. Namun dengan desain seperti ini menjadikan kerusakan semakin mudah terjadi, apalagi jika menumpuk kotoran berlebihan. Usahakan untuk mempertahankannya tetap menyala membersihkannya dengan rutin menggunakan pembersih khusus.

2. Menjaga baterai tetap normal,
Baterai pada laptop menjadi bagian terpenting, dan apabila sudah mulai menunjukkan tanda-tanda kerusakan. Akan membutuhkan biaya besar untuk melakukan penggantian dan memicu kerusakan pada bagian lainnya. Mencegah kerusakan yang para maka sebaiknya paham benar bagaimana menjadikan baterai tahan lama. Salah satunya ialah mengisi energinya dalam kondisi perangkat dimatikan terlebih dahulu. Kemudian ketika digunakan selalu melihat kondisi baterai jangan digunakan terus hingga mati total sebab bisa memicu konsleting. Hal ini akan mengakibatkan perangkat rusak total dan tidak bisa menyala lagi sebelum dilakukan perbaikan total.

3. Menggunakannya dengan tepat dan bijak,
Sifatnya yang portable, kemudian didukung oleh ukuran yang lebih kecil dan berat yang lebih ringan menjadikannya mudah dibawa kemana-mana. Kemudian bisa digunakan dimana saja, dan terkadang ada kekeliruan dalam memanfaatkan perangkat cerdas ini. Salah satunya ialah menggunakannya di atas pangkuan yang berakibat buruk bagi kondisi perangkatnya sekaligus kesehatan penggunanya. Usahakan untuk selalu menggunakan perangkat digital kerja ini dengan baik yakni di atas meja atau permukaan yang datar dan tidak bersuhu tinggi. Jika dilakukan maka perangkat portable kaya manfaat ini akan dapat digunakan dalam jangka panjang.

4. Memberikan perlindungan secara menyeluruh,
Menjaga agar perangkat portable ini dapat berjalan dengan baik maka usahakan memberikan perlindungan di luar dan di dalam. Bagian dalam beri perlindungan berupa program antivirus terbaik untuk mencegah kerusakan akibat virus jahat. Kemudian lindungi bagian luarnya dengan menggunakan lapisan khusus untuk melindungi bodynya dari benturan dan goresan. Kemudian gunakan tas khusus untuk laptop agar semakin mudah dibawa namun tidak merusak perangkat tersebut tanpa disengaja.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik