Cara Merawat Perlengkapan Dapur Dari Bahan Kuningan

Bagi ibu rumah tangga tentu sering kesulitan membersihkan perlengkapan yang ada di dapur. Salah satu bahan yang dirasakan sulit untuk dibersihkan adalah peralatan dapur dari bahan kuningan. Apabila sudah demikian ada baiknya Anda mencari peralatan dapur ini. Tujuannya untuk memudahkan alam menghindari untuk merusak saat Anda membersihkannya. Untuk itu ada baiknya apabila Anda merawat perlengkapan tersebut mulailah kenali poin penting saat membersihkannya. Beberapa poin penting tersebut misalnya saja jenis bahan yang digunakan untuk membersihkannya misalnya saja jeruk nipis, saus tomat dan kertas koran. Untuk mengetahui mengenai cara merawat perlengkapan dapur dari bahan kuningan mulailah mengetahui beberapa langkah berikut ini.

Cara merawat perlengkapan yang ada di dapur dari bahan kuningan yaitu:


1. Membeli produk pembersih
Anda bisa menggunakan bahan alami untuk membersihkan produk dari bahan kuningan atau pun menggunakan produk yang dijual di pasaran. Apabila Anda menggunakan bahan alami tentu saja hanya tinggal mengoleskan dan menggosok dengan perlahan menggunakan permukaan kain yang halus untuk membuatnya menjadi tampak baru dan bersih. Namun apabila menggunakan produk pembersih khusus hendaknya mulailah dengan mengetahui mengenai cara penggunaannya.

2. Garam halus dan jeruk lemon
Dalam membersihkan produk dari bahan kuningan dapat menggunakan bahan seperti garam halus dan jeruk lemon. Dengan menggunakan garam halus akan membantu dalam menghindari kemungkinan bahan dari kuningan tersebut tergores. Garam yang dipilih pun sebaiknya berasal dari laut. Campurkan kedua bahan ini dan oleskan pada permukaan kuningan tersebut. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan kain yang halus. Pastikan bahwa garam yang digunakan halus terlebih dahulu. Apabila Anda menggunakan garam yang kasar akan merusak peralatan yang memiliki bahan kuningan tersebut.


3. Membuat lebih berkilau
Untuk membuat perlengkapan dapur menjadi lebih berkilau bisa dilakukan dengan membersihkan menggunakan beberapa bahan alami. Beberapa bahan alami tersebut adalah garam dapur, cuka dan tepung terigu. Sebelum digunakan campurkan ketiga bahan tersebut dan oleskan pada bahan kuningan tersebut. Dengan demikian akan membantu dalam membuat kuningan tersebut menjadi lebih mudah berkilau setelah dibersihkan.

4. Membersihkan kertas koran
Saat membersihkan bahan dari kuningan bisa menggunakan cara yang berasal dari nenek moyang. Cara tersebut dengan menggunakan kertas koran yang dibasahi dengan koran hingga membentuk gulungan bulat. Bersihkan pada bagian tersebut untuk membantu dalam membuat kuningan menjadi lebih berkilau. Biasanya cara ini digunakan untuk membersihkan kaca pada zaman dulu. Namun pastikan setelahnya Anda mengeringkan dengan kain bersih yang memiliki permukaan yang lembut.

5. Gunakan saus tomat
Telah disebutkan diawal bahwa membersihkan bahan kuningan bisa menggunakan bahan kuningan. Caranya sangat mudah hanya dengan mengoleskan seluruh permukaan peralatan dengan bahan kuningan tersebut menggunakan saus tomat. Tunggu hingga satu jam untuk kemudian dicuci guna mendapatkan kenyamanan saat Anda menggunakannya. Pastikan bahwa saat menggunakan saus tersebut biarkan selama satu jam. Apabila Anda bilas pasti akan terlihat banyak sekali bedanya.

6. Hindari kertas yang keras
Apabila Anda ingin membersihkan perlengkapan dapur menggunakan kertas. Pastikan bahwa menggunakan kertas koran saja dan jangan kertas yang keras. Hal ini karena permukaan kertas koran halus dan lembut. Sedangkan pada kertas yang keras akan berpotensi untuk dapat menggores pemukaan peralatan dapur dengan bahan kuningan. Untuk itu ada baiknya apabila Anda memperhatikan mengenai hal ini. Semuanya karena sangat penting dilakukan.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik