Tips Menata Lemari Pakaian Agar Lebih Rapi

Seringkali kamar yang terlihat sumpek dan semrawut membuat sang penghuni kamar menjadi risih dan tidak nyaman. Sebenarnya, lemari pakaian yang tidak tertata merupakan faktor terbesar penyebab kamar menjadi kumuh. Sebagian orang yang terlalu acuh dengan kamarnya bahkan mencampur pakaian yang sudah terpakai dengan pakaian yang bersih. Kebiasaan buruk seperti ini dapat menjadi sarang penyakit jika lama-lama dibiarkan.

Oleh karena itu, berikut ialah tips menata lemari pakaian :

1. Pertama, memilah-milah pakaian mana yang masih dipakai dan yang sudah tidak bisa dipakai lagi. Untuk baju yang sudah tak dipakai, bisa diberikan kepada sanak saudara atau tetangga yang sangat membutuhkan dan yang mau menerima pastinya. Dan sebagai saran saja, baju yang diberikan seharusnya masih dalam kondisi layak, seperti tak luntur, tak sobek, dan tak berlubang.

2. Lalu, untuk baju yang paling sering dipakai seperti kaos-kaos, rok dan baju kerja, letakkan di tempat yang mudah dilihat mata dan dijangkau. Bisa dengan cara menggantungkannya, atau melipatnya di rak tengah.

3. Agar lebih mudah mencari pakaian saat sedang tergesa-gesa, bisa mengatur baju dengan mengelompokkannya sesuai jenis baju, sesuai warna, atau sesuai pemakaiannya. Pengelompokan sesuai jenis baju misalnya dengan cara kaos ditumpuk dengan kaos, rok di tumpuk dengan rok, celana ditumpuk dengan celana, dst. Cara ini adalah yang paling efektif sekaligus efisien, karena jenis baju yang sama ditumpuk jadi satu lalu diletakkan di rak paling atas atau kanan. Saat bangun kesiangan, tidak akan memakan waktu lama untuk mencari baju yang hendak dipakai.


4. Setiap orang pasti memiliki jaket atau baju hangat lainnya lebih dari satu. Jenis baju tebal ini hendaknya dipisahkan dari jenis baju lainnya agar tetap awet dan tak membuat pakaian lainnya berantakan. Jika ingin memisahkan jaket tapi lemari sudah tak muat lagi, bisa meletakkannya di sebuah keranjang atau kardus besar. Pemisahan ini bertujuan membuat lemari lebih lega dan tak terkesan sumpek, karena jaket umumnya berukuran besar sehingga memakan tempat.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Bersihkan Lemari Dapur

5. Tak semua baju harus dilipat dan diletakkan di rak lemari. Ada kalanya penggunaan gantungan lemari membuat lemari lebih tertata dan muat banyak. Baju yang seharusnya di gantung adalah long dress, baju pesta, baju kerja, baju kuliah, atau seragam sekolah. Dengan di gantung, baju lebih bisa terlihat oleh mata.

6. Terkadang ada lemari yang memiliki beberapa laci kecil. Jika jumlah laci ada beberapa, bisa dimanfaatkan untuk menyimpan baju dalaman dan aksesoris. Namun jika hanya sedikit, untuk menyimpan aksesoris seperti jam tangan, kalung, gelang, dan lainnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, jangan pernah mencampur pakaian kotor dengan pakaian bersih. Setelah membaca informasi ini, semoga lemari pakaian di kamar tercinta bisa nampak lebih rapi dan sedap dipandang.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik

1 komentar:

  1. Waaahhh bagus banget desain nya :D rapi, cantik, dan tertata :D boleh di ciba tuh di rumah sendiri :D

    numpang link ya ^-^ bagi yang ingin tau dasar dasar membangun rumah ^-^ kunjungi http://top-rumah.blogspot.com/

    BalasHapus