4 Aturan Memilih Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Memilih keramik kamar mandi memang patut dipertimbangkan sebab banyak keuntungan dari pemilihan keramik untuk lantai di kamar mandi. Kita semua tentunya mengetahui bahwa kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang selalu dalam kondisi lembab. Hal ini menjadikan banyak orang menggunakan keramik sebagai bagian lantainya. Keramik terbukti lebih tahan lama di dalam kondisi ruangan yang selalu lembab. Berbeda halnya jika anda hanya menggunakan semen, maka usia lantai kamar mandi anda akan semakin pendek.

Saat ini, menggunakan keramik untuk bagian lantai dan dinding pada kamar mandi tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung. Namun, keramik kini lebih multifungsi, yaitu memberikan sentuhan cantik dan elegan untuk interior kamar mandi anda. Tidak sulit menemukan keramik khusus kamar mandi yang memiliki corak dan warna yang beragam. Adanya corak sekaligus permainan warna inilah yang membantu anda memiliki kamar mandi yang tampak indah. Namun, anda sebaiknya tidak sembarangan memilih keramik asal cantik dan menarik.

Ada beberapa pertimbangan yang wajib diketahui, sebagai aturan awal anda berbelanja keramik untuk bagian lantai kamar mandi, yaitu:

1. Ketahui bahan dari keramik yang akan dipilih, apakah marmer, batu kapur, dan lain sebagainya, dan ketahui sifat bahan tersebut.

2. Memilih ukuran keramik yang tepat, sesuaikan dengan luas ruang kamar mandi agar bisa membeli keramik dalam jumlah yang tepat.

3. Hindari memilih keramik yang memiliki penampilan mengkilap, sebab kilap pada keramik cenderung mudah sekali licin sehingga membahayakan pemiliknya.

4. Memilih corak yang tepat dan menyesuaikan dengan konsep kamar mandi yang akan dibuat, warna netral seperti putih bisa dijadikan pilihan.

Baca juga: 5 Kiat Hemat Belanja Harga Bahan Bangunan di Supermarket



Banyak sekali jenis batuan alam yang digunakan sebagai material dasar pembuatan keramik, setiap bahan dasar ini tentunya memiliki karakteristiknya masing-masing. Beberapa material, seperti marmer misalnya, cenderung tahan terhadap kondisi lembab yang cukup lama. Memilih yang awet bisa menggunakan keramik yang memiliki sifat tersebut, atau yang tahan air. Ukuran juga perlu dijadikan bahan pertimbangan, sebab saat ini ada banyak desain keramik dalam berbagai ukuran. Untuk lantai di kamar mandi umumnya menggunakan keramik dengan ukuran yang kecil. Agar lebih aman, ada baiknya anda menggunakan keramik yang bergerigi agar tidak mudah licin.

Bagi anda yang menyukai keindahan, anda bisa memilih keramik lantai kamar mandi yang memiliki corak. Pemilihan corak sebaiknya tidak menyeluruh, agar tampil elegan anda tambahkan detail keramik bercorak yang dikombinasikan dengan keramik polos. Meskipun saat ini keramik khusus kamar mandi hadir dengan ragam corak yang menarik. Memilih keramik yang polos tetap bisa dijadikan pilihan, sebab dengan lantai yang polos anda bisa menambahkan detail kamar mandi yang mempercantik. Apapun pilihan anda, pahami hal-hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja keramik kamar mandi yang baik.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik