Bagaimana Merawat Kasur Lipat Agar Tampak Baru Terus?

Kasur menjadi salah satu faktor seseorang mendapatkan kualitas tidur yang baik, namun kasur yang berkualitas memiliki harga yang tinggi sehingga tidak jarang sebagian orang memilih untuk membeli kasur dengan harga yang murah sebagai alas tidur termasuk kasur lipat. Kasur lipat murah terbuat dari busa yang memiliki densitas atau kerapatan atau density di bawah 20 karena kasur dengan D-23 memiliki busa yang dapat bertahan hingga jangka waktu 10 tahun. Agar kasur tersebut tetap terlihat seperti baru dan lebih awet, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

Pertama yaitu selalu merotasi kasur lipat yang Anda gunakan sehingga tidak kempes sebelah. Bagian kasur yang sering lebih cepat kempes adalah di bagian punggung dan pantat. Jika tidak dirotasi misalnya bagian yang atas dibalik menjadi bagian yang bawah, maka kasur busa tersebut akan lebih cepat untuk kempes dan membuat Anda harus membeli kasur yang baru lagi. Kedua adalah selalu membersihkan kasur secara teratur. Debu dan kotoran yang kecil yang sering menempel dan tersembunyi tidak jarang membuat Anda menjadi gatal-gatal sehingga tidur menjadi tidak nyaman. Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan vacuum cleaner atau sapu lidi khusus untuk kasur.

Ketiga adalah selalu gunakan pembungkus kasur atau cover bed serta rutin untuk menggantinya. Cara ini dilakukan untuk menjaga agar kain cover dari kasur busa tersebut tidak cepat rusak atau tidak cepat kotor. Penggantian cover bed secara teratur tersebut juga membantu agar Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan kotoran serta debu tidak menempel pada kasur yang dapat membuat kasur menjadi kotor dan terkadang menjadi susah untuk dibersihkan. Jika kasur lipat tersebut digunakan untuk anak kecil, maka Anda harus membungkusnya lagi dengan alas kedap air sehingga air kencing ataupun pup anak Anda tidak menempel pada kasur.

Keempat adalah dengan menyemprotkan larutan pembersih yang mengandung jeruk nipis atau lemon seperti menggunakan pembersih piring. Cara ini dilakukan untuk menghilangkan noda seperti debu atau kotoran yang menumpuk. Caranya yaitu dengan menyemprotkan cairan pembersih piring ke bagian yang kotor kemudian diamkan terlebih dahulu selama 5 menit. Untuk menjaga agar noda tersebut tidak melebar ke kasur lipat murah yang Anda miliki, jangan menggosok noda tersebut. Cukup ditekan-tekan dengan menggunakan kain yang bersih agar noda hilang.

Kelima adalah membersihkan noda darah, misalnya karena darah menstruasi, terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan, yaitu:

Menggunakan hidrogen peroksida untuk mengurangi noda:

- Aplikasikan ke bagian yang terkena noda.
- Gunakan kain bersih ketika larutan mulai berbusa dan hindari menggosok terlalu kencang.
- Gunakan kain bersih dan kering untuk mengeringkannya.

Soda kue:

- Campur soda kue dan air dengan perbandingan 1:2.
- Oleskan ke bagian yang bernoda dengan kain bersih.
- Diamkan 30 menit.
- Bersihkan larutan dengan kain yang dibasahi dengan air dingin.
- Keringkan dengan handuk atau kain kering.

Untuk membersihkan jamur dan lumut yang biasanya muncul di kasur lipat murah yang sudah lama, caranya yaitu:

- Jemur kasur Anda hingga kering dan bersihkan jamur serta lumuri dengan cara mengelap atau menyekanya dengan kain bersih yang lembab. Keringkan.

- Membersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner sehingga debu, kotoran dapat tersedot dan mencegah spora jamur berkembang.

- Menggunakan campuran dari air hangat dan isopropyl alkohol dengan perbandingan yang sama. Gosokkan ke kasur dan bilas dengan air hangat. Keringkan.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik