Kipas Exhaust Menyedot Panas

Jika tidak memungkinkan untuk memberikan kamar yang berjendela kepada asisten, maka upayakan untuk memperlancar sirkulasi udara di dalamnya. Anda bisa menyerahkan tugas tersebut kepada kipas exhaust.

- Ada dua jenis kipas exhaust yang dijual oleh produsen. Pertama adalah jenis yang menempel di dinding luar, dan yang kedua adalah jenis yang menyedot udara ke plafon. Supaya memudahkan penyambungan instalasi listrik, pilih tipe kipas exhaust yang menempel ke plafon.

- Kipas exhaust biasanya berukuran 30cmx30cm hingga 60cmx60cm. Butuh listrik sekitar 40 watt untuk mengoperasikannya.


Baca juga: Pilih-pilih Bahan Keset

- Agar bekerja dengan baik, exhaust fan yang menempel ke plafon membutuhkan ductwork atau saluran udara ke luar. Jenis exhaust fan yang menempel ke dinding luar tidak memerlukannya. Saluran udara tersebut dapat dialirkan ke lubang pada dinding luar atau langsung ke atap. Sebaiknya, ujung saluran tidak terlalu jauh dari letak exhaust fan.

- Ductwork juga terbuat dari sejumlah bahan. Sebelum menentukan ductwork yang sesuai, pastikan posisi exhaust fan tersebut. Kipas exhaust yang ditaruh di dapur sebaiknya menggunakan ductwork yang terbuat dari bahan metal, supaya terhindar dari kemungkinan kebakaran akibat panas dan uap yang keluar dari kompor. Bacalah manual dari produsen, agar exhaust fan bekerja dengan baik.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik