Desain yang Pas untuk Ruang Tamu Minimalis Type 36

Ruang tamu minimalis type 36 umumnya lebih banyak menerapkan konsep pada penataan furniture dalam ruang. Mengingat di dalam rumah sederhana dengan type minimalis 36 kekurangannya memang terletak pada keterbatasan ukuran, sehingga ruang yang ada didalamnya juga terkesan sangat sempit. Oleh karena keterbatasan ruang itulah anda dituntut untuk lebih bisa memainkan ide atau kreasi desain yang pas, baik dalam hal pemilihan warna cat maupun penetapan fungsi furniture.

Jendela dengan ukuran besar

Untuk ruang tamu pada rumah minimalis type 36, jendela menjadi alat visual dalam memperbesar ukuran ruang yang kecil. Hal ini disebabkan sudut pandang mata dapat sedikit teralihkan keluar dinding atau pada pemandangan outdoor. Bahkan tanpa anda sadari, metode ini membuat ruang tamu anda terkesan menyatu dengan ruang lain seperti misalnya ruang keluarga maupun area luar ruang. Anda bisa lebih memanfaatkan efek yang timbul tersebut dengan menerapkan jendela telanjang atau bisa juga menggunakan tirai dengan warna senada dinding agar ruang terkesan semakin terbuka luas.

Gunakan perabot mungil

Seperti halnya ide penataan ruang pada rumah minimalis lainnya, pada ruang tamu sederhana bertype 36 juga selalu melibatkan penggunaan perabot dengan ukuran mungil. Alasannya agar ruang yang memiliki ukuran sempit tidak semakin terlihat sesak hanya karena harus menampung furniture diluar kapasitas atau berukuran besar. Anda bisa mencoba mengaplikasikan kursi yang memiliki dudukan rendah untuk mengurangi efek visual yang berat. Dengan begitu unsur estetika ruang akan lebih menonjol dan membuat tamu menjadi lebih nyaman.

Baca juga: Tips Rancangan Desain Kamar Tidur Bayi Minimalis



Permainan warna dinding

Penentuan konsep desain atau penataan ruang tamu pada rumah minimalis yang sempit sebaiknya tidak menggunakan konsep warna monoton seperti putih atau krem saja. Anda bisa mencoba dengan sedikit memainkan warna lebih ceria atau mencolok pada dinding. Misalnya ungu, hijau, orange, merah atau kuning. Warna-warna tersebut akan membuat tampilan ruang tamu anda menjadi lebih menyatu dengan pemandangan dan area ruang juga akan terkesan lebih luas. Sementara jika anda ingin mempertahankan suasana dalam ruang yang terbuka dan terang, letakkan aksesoris dan furniture dengan nuansa putih, jika perlu anda bisa memberikan sentuhan warna lain asal tidak terlalu dominan.

Ciptakan kesan ruang yang tinggi

Poin terakhir dalam penataan ruang tamu minimalis type 36 adalah meningkatkan atau menciptakan kesan yang lebih tinggi pada ruangan. Hal seperti ini dapat dilakukan menggunakan akses garis vertikal yang lebih mengarah pada pandangan bagian lantai hingga langit-langit. Karena langit-langit yang terkesan lebih tinggi akan membuat ruangan terasa lega, ditambah lagi jika anda menggunakan warna yang cerah pada bagian dindingnya. Anda juga bisa menambahkan lukisan gantung pada salah satu sisi dinding dengan tetap memperhatikan sisi langit-langit.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik