Rumah Minimalis Gaya Jawa yang Modern

Setiap orang, pasti memiliki tipe tersendiri dalam membuat tempat tinggalnya, salah satunya dengan rumah minimalis gaya jawa. Dalam gaya tersebut yang bisa terkesan model tempo dulu, kini bisa anda modifikasi kan tanpa harus mengubah ciri khas dari gaya tersebut. Begitu juga bila ditampilkan dalam nuansa modern, sehingga tempat tinggal tidak tersebut begitu jadul. Meskipun pada tema jawa, akan tetapi nuansa modern tidak terlupakan begitu saja. Justru bisa dikombinasikan dan dikembangkan menjadi rumah yang indah, walau hanya pada rumah mini.

Popularitas rumah minimalis jawa tidak lagi terelakkan, khususnya untuk tahun ini. Namun, popularitas dalam desain rumah sederhana dan praktis pada rumah jawa juga menjadi daya tarik bagi masyarakat modern. Pesona rumah yang bergaya Jawa akan tetap melekat pada hati masyarakat, khususnya bagi yang mempertahankan sebuah tradisi tanpa kehilangan peran sebagai masyarakat modern. Salah satu pendekatan yang diterapkan pengembang adalah dengan memadukan rumah minimalis yang populer dengan rumah jawa. Maka, tercipta sebuah desain rumah minimalis yang memiliki konsep adat jawa. Dengan memadukan rumah tradisional jawa penuh ornament dengan sebuah rumah minimalis tanpa ornament. Tentu tidak perlu menaruh semua ornament, karena bertentangan dengan desain rumah minimalis.

Meskipun pada tipe rumah yang terkesan mini, tetapi mampu meng-cover berbagai perabot rumah tangga, yang tidak mencerminkan aneka perabot waktu dulu. Sajian tipe gaya tersebut, dapat melingkupi desain interiornya saja, sudah cukup memberikan nilai seni tersendiri. Di tambah sedikit corak pada bagian luar, seperti pada bentuk pintu dan jendela. Yang terbentuk dari bahan kayu dengan beberapa ukiran menghiasi tepian nya. Dengan tembok bukan dari papan kayu, maka perpaduan gaya tersebut akan menyatu bersama sajian tembok yang modern.


Dalam menyajikan rumah yang mini, tidak mengharuskan anda untuk membatasi jumlah ataupun komposisi keperluan lainnya. Anda bisa mengatur sebaik dan serapi mungkin, untuk menciptakan ruang lain. Seperti memilih perabot yang penting-penting saja, seperti aneka kebutuhan pokok, sekaligus mengurangi pembentukan ruang yang tidak terpakai. Meskipun gaya jawa lebih cenderung menampilkan seisi ruang yang penuh dengan kata luas, tapi kini anda pun bisa memodifikasinya dalam rumah mini yang nyaman.


Dekorasi interior ataupun luarnya, anda bisa memilihkan warna yang kalem, seperti warna coklat muda, coklat susu yang bisa saling dikombinasikan. Sehingga menciptakan keindahan warna yang menempel pada dinding luar ataupun dalam. Beralih pada beberapa ruang yang anda, anda bisa memilih warna lain seperti motif yang sederhana polos ataupun bercorak. Meskipun di dalam ruang, pastikan warna yang anda pilih, dengan warna yang cerah. Sehingga tidak menimbulkan kesan yang menyeramkan ataupun kesan aneh, sekalipun anda memilih rumah minimalis gaya jawa. Justru dengan perpaduan sisi modern, akan menciptakan keindahan seni pada tempat tinggal anda.

Beberapa elemen desain rumah tradisional jawa yang modern dipadukan dengan desain rumah minimalis. Rumah jawa memiliki ciri khas sama dengan rumah yang minimalis, diantaranya adalah:

- Penggunaan warna dan bahan material.
- Menggunakan bahan alami.
- Menggunakan warna alami.

Desain rumah minimalis dibuat praktis. Rumah adat jawa memiliki makna yang spiritual pada penataan ruang rumah jawa adalah:

- Penggunaan tiang rumah yang berjumlah empat.
- Rumah khas yaitu rumah joglo.

Rumah joglo terkenal dengan atapnya yang berbentuk semi piramida. Hal itu adalah ciri khas dari rumah tradisional daerah jawa. Nah, dengan model atap perisai, bisa dengan atap dengan model semi piramida menghadirkan sebuah nuansa etnis jawa tersebut. Tentu melakukan penyesuaian, misal dengan membuat bentuk yang sederhana atau dapat mengurangi kemiringan pada atapnya. Atap pada model rumah tersebut sangat sempurna fungsinya mengalirkan air hujan. Sehingga perawatan pada atap rumah sangat minim.

Alternatif dengan mengaplikasikan atap semi piramida hanya pada bagian tertentu. Desain rumah yang minimalis dan modern mengaplikasikan atap semi piramida hanya pada bagian depan saja. Nah, untuk bagian belakang tetap dengan model pelana. Dengan cara mendesain seperti itu, maka untuk tampilan sebuah desain rumah minimalis jawa tidak tampak berlebihan. Maka dengan begitu meskipun sudah zaman modern tetapi tidak meninggalkan adat rumah tradisional jawa.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik