3 Langkah Memperbaiki Kebocoran Atap Rumah Minimalis

Menghadapi musim penghujan anda perlu tahu kiat mudah memperbaiki atap rumah minimalis yang bocor dengan segera. Atap merupakan bagian rumah yang berfungsi sebagai pelindung utama, baik dari panas maupun hujan. Saat musim hujan tiba, beberapa orang bermasalah dengan atap rumah yang bocor dan mengganggu kenyamanan. Atap yang membuat air hujan masuk ini bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga ketika hendak memperbaiki kebocoran tersebut, sebaiknya mengetahui penyebabnya agar bisa ditangani dengan tepat.

Berikut beberapa penyebab kebocoran pada atap rumah, dan tips praktis untuk memperbaikinya agar tidak bocor kembali:

1. Lapisan penyangga genteng ternyata sudah retak, hal inilah yang menyebabkan posisi genteng mudah bergeser dan membentuk celah sebagai jalur air hujan masuk rumah.

2. Memiliki talang yang berlubang, talang merupakan bagian atap yang mudah berlubang sehingga perlu ditambal dengan pelapis anti bocor.

3. Memiliki genteng yang retak, jika memiliki genteng dari tanah liat ataupun seng memang akan mudah retak dimakan usia sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Semakin tua sebuah rumah memang akan menghadapi berbagai masalah, namun tetap bisa diatasi dengan baik secara mandiri. Atap rumah yang menjadi bagian pertama yang bersentuhan dengan hujan dan terik matahari membuatnya lebih rapuh. Konstruksi pembuatan atap yang kurang pas akan membuat atap kerap dirundung masalah. Sehingga sedari awal usahakan membuat atap rumah yang kuat dan juga kokoh. Hal ini akan membantu anda bisa terlindungi dari perubahan cuaca yang tidak menentu, terutama saat musim penghujan.

Baca juga: 4 Kelebihan Memiliki Rumah Minimalis Cirebon



Mengatasi atap yang bocor memang menuntut anda untuk naik ke atas genteng dan melakukan pengecekan. Ketika sudah mengetahui penyebab kebocoran sebaiknya segera diperbaiki agar saat hujan berikutnya datang. Anda tidak perlu repot mencari wadah untuk menampung air hujan yang masuk ke dalam rumah. Rumah yang basah oleh air hujan juga akan membuat anda wajib membersihkannya karena akan mudah kotor, bau, sekaligus licin. Perhatikan kualitas atap rumah minimalis yang dimiliki agar nyaman di dalam rumah meski hujan turun.
Silahkan simak artikel sebelumnya yang tak kalah menarik